Jika Pandemi Usai, Pengusaha Bisa Tiru Cara Jerman Pulih dari Perang

Image title
15 Mei 2020, 17:32
pandemi corona, jerman, pengusaha
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/pras.
Ilustrasi, pekerja berjalan di atas JPO Dukuh Atas, Jakarta, Senin (4/5/2020). Pengusaha disarankan mengubah sistem kerjanya mengikuti cara yang digunakan Jerman dalam membangkitkan ekonominya pasca-perang dunia II.

Guna membangkitkan kembali roda perekonomian pasca pandemi corona atau Covid-19, pengusaha disarankan untuk mengubah sistem kerja dengan buruh dari yang sebelumnya pemilik modal dan tenaga kerja menjadi mitra bisnis.

CEO PT Trans Javagas Pipeline and Chair, IGCN Supervisory Board Joseph Dharmabrata mengatakan bahwa Indonesia perlu mencontoh pola bisnis yang dilakukan Jerman untuk pulih pasca-Perang Dunia II. Ketika itu Jerman merombak sistem kerja industri secara besar-besaran.

Advertisement

"Kita harus melihat dari pengalaman Jerman sewaktu bangkit dari perang dunia II itu lebih parah dari apa yang dialami sekarang. Mengapa Jerman bangkit? Karena mereka mengubah sistem kerja samanya buruh itu tidak ada pengusaha dan buruh tapi mitra," kata dia dalam diskusi daring di Jakarta, Rabu (14/5).

(Baca: Pandemi Corona, 30 Juta Karyawan Properti Terancam PHK)

Joseph yakin cara ini dapat diterapkan di Indonesia karena besarnya potensi pasar dan akan membantu meningkatkan produktivitas di tengah keterbatasan produksi yang disebabkan dari wabah tersebut.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement