Bertambah 634 Kasus, 20.796 Orang Terkonfirmasi Positif Corona

Image title
22 Mei 2020, 17:28
jumlah kasus positif corona, jumlah tambahan kasus positif corona
Youtube/BNPBIndonesia
Jumlah tambahan kasus positif virus corona di Indonesia hari ini, Jumat (22/5), turun menjadi 634 orang dibandingkan kemarin yang mencapai 973 orang.

Jumlah kasus positif virus corona di Indonesia bertambah 634 orang pada Jumat (22/5). Penembahan kasus ini berasal dari 9.359 spesimen yang diperiksa. Jumlah tambahan kasus positif ini menurun dibandingkan sehari sebelumnya yang mencapai 973 orang.

Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan secara keseluruhan jumlah spesimen yang diperiksa mencapai 229.334 spesimen. Sementara untuk laboratorium rapid test real time terus ditambah menjadi 69 dan 35 laboratorium tes cepat molekuler.

"Kasus konfirmasi meningkat sebanyak 634 orang menjadi total 20.796 orang. Jumlah orang yang telah dinyatakan sembuh sebanyak 219 orang sehingga totalnya menjadi 5.057 orang serta korban meninggal bertambah 48 sehingga total korban 1.326 orang," katanya di Gedung BNPB, Jakarta, Jumat (22/5).

Menurut dia, tingginya jumlah pertambahan ditengarai lantaran masih tingginya pergerakan massa yang terjadi akhir-akhir ini. Terlebih, saat ini menjelang Idul Fitri sehingga banyak masyarakat yang berbondong-bondong mencari kebutuhan hari raya tanpa menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah untuk mengurangi risiko penularan.

(Baca: Capai 502 Orang, Jatim Catat Tambahan Kasus Corona Terbanyak Nasional)

Alhasil, hingga saat ini terdapat sebanyak 47.150 orang dalam pemantauan dan masih ada sebanyak 11.028 orang pasien dalam pengawasan.

"Ini menggambarkan penularan masih terjadi di luar dan masih ada sumber penularannya. Di luar juga masih ada kelompok masyarakat yang rentan tertular karena tidak pakai masker, tidak jaga jarak dan masih suka tidak menghindari kerumunan dan inilah menjadi titik-titik yang rawan," kata Yuri.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...