Jelang Pertemuan OPEC+, Harga Minyak Dunia Naik Lebih 3%

Image title
3 Juni 2020, 08:13
harga minyak, pertemuan opec, pemangkasan produksi,
KATADATA
Pengeboran minyak lepas pantai. Negara-negara pengekspor minyak dan sekutunya, atau OPEC+ akan membahas rencana perpanjangan masa pemangkasan produksi untuk menopang harga minyak.

Harga minyak mentah dunia bergerak naik pada perdagangan Rabu (3/6) pagi waktu Indonesia, jelang pertemuan OPEC+ yang rencananya akan dilakukan secara virtual Kamis (4/6). Pelaku pasar berharap pertemuan tersebut dapat menghasilkan kesepakatan pemangkasan produksi.

Mengutip Bloomberg pada 07.00 WIB, harga minyak jenis Brent untuk kontrak pengiriman Agustus 2020 naik 3,26% menjadi US$ 39,57 per barel. Sedangkan, minyak jenis West Texas Intermediate (WTI) untuk kontrak pengiriman Juli 2020 naik 1,22% ke level US$ 37,26 per barel.

Di samping itu, kenaikan juga didukung ketika beberapa negara dan negara bagian di Amerika Serikat mulai membuka kembali ekonomi bisnis setelah kebijakan lockdown guna meminimalisir penyebaran virus corona.

Presiden konsultan Lipow Oil Associates Andy Lipow mengatakan ada antisipasi bahwa OPEC+ akan setuju untuk memperpanjang pemangkasan produksi mereka saat ini untuk dua bulan lagi. "Sehingga, pada bulan Agustus, pasar minyak akan seimbang, ”kata di mengutip Reuters.

(Baca: Harga Minyak Stabil di Tengah Memuncaknya Ketegangan AS-Tiongkok)

Pada saat yang sama, pasar mengantisipasi bahwa pembukaan kembali ekonomi di seluruh dunia akan meningkatkan permintaan minyak.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...