Setoran Dividen Pertamina ke Pemerintah Tahun Ini Naik Jadi Rp 8,5 T

Image title
18 Juni 2020, 22:18
laba bersih pertamina, rupst pertamina, dividen pertamina
LPG Pertamina KATADATA | Donang Wahyu
RUPST Pertamina Kamis (18/6) memutuskan untuk membagikan dividen sebesar Rp 8,5 triliun dari laba bersih tahun 2019 yang sebesar US$ 2,53 miliar atau sekitar Rp 35,8 triliun.

Pertamina mecatatkan laba bersih sebesar US$ 2,53 miliar atau sekitar Rp 35,8 triliun pada 2019. Adapun, raihan laba tersebut sama dengan pencapaian tahun sebelumnya. Perusahaan energi pelat merah ini pun memutuskan membagi dividen tunai sebesar Rp 8,5 triliun kepada pemerintah.

Keputusan pembagian dividen tersebut diambil dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Pertamina yang diselenggarakan di Jakarta, Kamis (18/6). Adapun, setoran dividen ini lebih besar dibandingkan setoran dividen tahun lalu Rp 7,95 triliun.

VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman, menjelaskan dengan dinamika serta tantangan bisnis selama 2019, pihaknya bersyukur Pertamina dapat menorehkan berbagai pencapaian. "Serta mempertahankan laba bersih stabil, sama dengan tahun sebelumnya,” ujar dia berdasarkan keterangan tertulis, Kamis (18/6).

Menurut Fajriyah, perekonomian sepanjang tahun 2019 masih mengalami tekanan sejalan dengan dinamika global. Adapun beberapa hal yang mempengaruhi kinerja sektor migas di antaranya seperti harga minyak mentah Indonesia (Indonesia Crude Price/ICP) yang masih cukup tinggi di level US$ 62 per barel dan kurs yang cenderung menguat di kisaran Rp 14.146 per dolar AS.

(Baca: Pertamina: Restrukturisasi Sektor Hulu Tak Ganggu Operasi Blok Migas)

Dengan kondisi itu, total pendapatan usaha Pertamina tahun 2019 tercatat sebesar US$ 54,58 miliar dengan aset US$ 67,08 miliar. Adapun raihan pendapatan tahun lalu turun dari capaian 2018 yang sebesar US$ 57,93 miliar.

Fajriyah menambahkan, pencapaian kinerja keuangan ini juga dipengaruhi oleh sejumlah pencapaian penting yang didukung oleh peningkatan kinerja operasi dan efisiensi dari berbagai inisiatif. Selain itu, perusahaan juga melakukan langkah terobosan untuk mewujudkan pencapaian visi perusahaan menjadi perusahaan energi nasional kelas dunia.

Berdasarkan data pada Laporan Tahunan 2019, Pertamina konsisten untuk terus mewujudkan ketahanan energi nasional, dimulai dari survey seismik yang masif untuk menemukan cadangan migas baru.

Meskipun tanpa akuisisi besar, Pertamina juga mampu mempertahankan produksi migasnya pada tahun 2019 melalui kegiatan operasional yang intensif yakni pengeboran 322 sumur pengembangan, 14 sumur eksplorasi dan melakukan 751 kegiatan workover, serta 13.683 well services.

(Baca: Pertamina Minta Masyarakat Tak Khawatir, Semua Produk BBM Tetap Ada)

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...