Ancol Dibuka Kembali Besok, Selain Warga Jakarta Dilarang Masuk

Image title
19 Juni 2020, 14:16
ancol buka, ancol dibuka besok, taman impian jaya ancol, ancol
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/wsj.
Suasana kawasan Taman Impian Jaya Ancol jelang pembukaan kembali di Jakarta, Senin (15/6/2020).

Kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol akan kembali dibuka mulai Sabtu (20/6) seiring dengan masa transisi pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di DKI Jakarta. Kebijakan baru dikeluarkan pihak pengelola untuk mengantisipasi penyebaran virus corona yakni dengan melarang masuk warga dari luar Jakarta.

"Hanya warga yang memiliki KTP DKI Jakarta saja yang dapat melakukan pembelian tiket dan reservasi untuk berekreasi ke Ancol," kata Head Corporate Communication Taman Impian Jaya Ancol, Rika Lestari melalui siaran pers yang diterima Katadata.co.id, Jumat (19/6).

Sedangkan untuk warga non-DKI Jakarta, pengelola akan melakukan penyesuaian di kemudian hari, dengan melihat perkembangan situasi dan kondisi pandemi Covid-19. Adapun untuk pembelian tiket, pengelola juga tidak melayani transaksi tunai dan menggantinya dengan pemesanan tiket secara online melalui laman resmi www.ancol.com.

Rika juga mengatakan bahwa pengelola bakal membatasi jumlah pengunjung secara bertahap sampai dengan 50% dari kapasitas normal, serta tidak memperbolehkan anak dibawah usia 5 tahun, ibu hamil, dan usia diatas 50 memasuki kawasan wisata. "Selama kuota masih ada, pemesanan tiket secara online dapat dilakukan hingga H-2 sebelum kunjungan," ujarnya.

(Baca: Patuhi Protokol Covid-19, Jumlah Pengunjung Ancol Dibatasi 5.000 Orang)

Adapun unit rekreasi akan dibuka secara bertahap dan yang pertama kali beroperasi yakni kawasan pantai, Allianz Ecopark, Pasar Seni, Dunia Fantasi (Dufan), Ocean Dream Samudra dan Sea World, restoran yang berada di dalam kawasan Ancol, penginapan Putri Duyung Resort, serta Pulau Bidadari.

"Sementara untuk unit rekreasi air, Atlantis Water Adventures dipersiapkan akan dibuka pada tahap selanjutnya," kata dia.

Leih lanjut, Rika menjelaskan, masa transisi pertama pihak manajemen bakal melakukan penyesuaian pembukaan Pintu Gerbang Ancol. Pada hari biasa pengunjung dapat melalui Pintu Gerbang Timur dan busway, sementara untuk akhir pekan dapat melalui pintu gerbang barat, timur, dan busway.

Sedangkan jam operasionalnya yakni pada Pintu Gerbang Ancol dibuka pukul 06.00-18.00 WIB, pantai dan kawasan Ancol 06.00-20.00 WIB, Dufan 10.00-17.00 WIB, Ocean Dream Samudra dan Seaworld Ancol 09.00-17.00 WIB, serta Allianz Ecopark 07.00-17.00 WIB.

(Baca: Transisi PSBB, Ibu Hamil hingga Lansia Tetap Dilarang Masuk Ancol)

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...