Moeldoko: Jokowi Marah Karena Penanganan Corona Tak Sesuai Harapannya

Dimas Jarot Bayu
29 Juni 2020, 16:42
jokowi marah, sidang kabinet paripurna, kepala staf presiden, moeldoko
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/aww.
Presiden Joko Widodo meluapkan amarahnya pada sidang kabinet paripurna pada 18 Juni 2020 karena penangan pandemi corona yang tak sesuai harapannya.

Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko menjelaskan alasan di balik amarah Presiden Joko Widodo atau Jokowi dalam sidang kabinet paripurna pada 18 Juni 2020. Menurut Moeldoko, Jokowi marah lantaran pelaksanaan penanganan virus corona atau Covid-19 di lapangan tak sesuai harapannya.

Padahal, perintah Jokowi sudah sering menyampaikan kepada para menteri dan kepala lembaga supaya menangani corona secara efektif dan efisien. “Masih ada hal-hal di lapangan yang tidak sesuai dengan harapan beliau, maka penekanannya harus segera yang jauh lebih keras dari sebelumnya,” ujar Moeldoko di kantornya, Jakarta, Senin (29/6).

Advertisement

Moeldoko menyebutkan ada tiga sektor yang disoroti oleh Jokowi dalam penanganan corona, yakni kesehatan, bantuan sosial (bansos), serta ekonomi dan keuangan. Ketiga sektor tersebut dianggap masih lemah saat ini.

Moeldoko mencontohkan kelemahan di sektor kesehatan karena pencairan insentif kesehatan baru sebesar 1,53% dari Rp 75 triliun. Kemudian, adanya persolan sinergi antara Kementerian Kesehatan, pemerintah daerah, dan BPJS Kesehatan.

(Video: Jokowi Ancam Bubarkan Lembaga dan Reshuffle Para Menteri)

Persoalan lain di sektor kesehatan karena masalah pendataan tenaga medis yang menangani corona. “Kemudian persoalan regulasi yang lama. Regulasi itu bisa digunakan dalam kondisi normal, tapi dalam kondisi yang tidak normal seperti ini, harus diambil langkah perbaikan,” kata Moeldoko.

Terkait bansos, Moeldoko menyebut ada masalah pendataan penerima manfaatnya. Padahal, data ini penting agar penyaluran bansos bisa tepat sasaran.

Jokowi pun meminta agar penyaluran bansos tidak terlambat. “Rakyat Indonesia harus bisa jalankan kehidupan sehari-hari dengan baik, dengan ketersediaan makanan yang cukup, maka berbagai bansos diberikan,” kata Moeldoko.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement