Pemerintah Setop Penjualan 100 Paket Pelatihan Kartu Prakerja

Rizky Alika
2 Juli 2020, 12:04
kartu prakerja, pemerintah setop penjualan paket pelatihan prakerja, paket pelatihan kartu prakerja
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj.
Warga mencari informasi tentang pendaftaran program Kartu Prakerja. Pemerintah menghentikan penjualan pelatihan kartu prakerja dalam bentuk paket atau bundling.

Pemerintah tengah mengevaluasi program kartu prakerja. Berdasarkan hasil evaluasi tersebut, pemerintah menghentikan transaksi dan penjualan sekitar 100 paket pelatihan (bundling) kartu prakerja yang ada di seluruh mitra platform digital.

"Yang kami berhentikan itu paket pelatihan ya. Jumlahnya hanya sekitar 100 dari sekitar 3 ribu pelatihan yang ada di ekosistem kartu prakerja," kata Kepala Kemitraan dan Pengembangan Ekosistem Program Kartu Prakerja Regi Wahono kepada Katadata, Kamis (2/7).

Advertisement

Sebagaimana diketahui, paket pelatihan tersebut tidak memiliki mekanisme untuk memastikan setiap peserta yang membeli paket telah menyelesaikan seluruh paket pelatihan. Hal ini membuat Manajemen Pelaksana tidak bisa melakukan evaluasi.

Regi mengatakan, saat ini Manajemen Pelaksana telah menghentikan permintaan transaksi paket pelatihan tersebut di dalam sistem kartu prakerja.

(Baca: Komite Baru Pilih 680.918 Peserta Kartu Prakerja, Mayoritas Korban PHK)

Manajemen Pelaksana, lanjut dia, tidak akan memberikan sanksi kepada para mitra platform digital. Meski begitu, para mitra platform digital diminta untuk bekerja sama dalam mengatasi permasalahan tersebut.

Regi memastikan, pihaknya akan memperbaiki kriteria jenis pelatihan agar hal serupa tidak kembali terulang. "Melalui revisi kriteria kami mengharapkan kualitas jenis pelatihan Kartu Prakerja akan semakin baik lagi dan dapat meningkatkan daya saing para peserta Kartu Prakerja," ujar dia.

Direktur Komunikasi Manajemen Pelaksana Prakerja, Panji Winanteya Ruky memastikan pemberhentian hanya dilakukan pada pelatihan yang berbentuk paket bundling saja. "Ini hanya sebagian kecil dari seluruh pelatihan yang ditawarkan, sehingga peserta pelatihan tetap memiliki kebebasan," katanya.

Oleh karena itu, penghentian paket pelatihan tidak berdampak terhadap program kartu prakerja secara keseluruhan. Program kartu prakerja dipastikan tetap berjalan sesuai arahan Komite Cipta Kerja.

(Baca: Peserta Kartu Prakerja Diperluas, Pemerintah Bakal Masukkan Wirausaha)

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement