Ada Corona, Pemerintah Gelar HUT Kemerdekaan RI ke-75 Secara Sederhana

Dimas Jarot Bayu
6 Juli 2020, 15:50
peringatan hari kemerdekaan ri ke 75, peringatan hari kemerdekaan, pandemi corona, virus corona, covid 19
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ke-74 di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (17/8/2019). Pemerintah batal menggelar HUT Kemerdekaan RI ke 75 secara besar-besaran karena corona.

Pemerintah batal menggelar acara peringatan hari ulang tahun (HUT) kemerdekaan Indonesia ke-75 secara besar-besaran karena kondisi pandemi Covid-19 yang saat ini masih melanda Tanah Air, termasuk karnaval yang melibatkan masyarakat internasional.

“Pandemi Covid-19 mengubah semuanya.  Kami harus kerja keras untuk menyesuaikan acara yang sudah kami siapkan, termasuk karnaval internasional yang kami tinggalkan,” kata Menteri Sekretaris Negara Pratikno di kantornya, Jakarta, Senin (6/7).

Advertisement

Meski demikian, Pratikno menilai peringatan HUT kemerdekaan RI tetap harus berlangsung, meski lebih sederhana. Menurut Pratikno, upacara bendera tetap akan diadakan di Istana Merdeka, Jakarta pada Senin 17 Agustus 2020. 

Nantinya, upacara tersebut hanya akan dihadiri oleh peserta secara terbatas. Adapun, masyarakat tetap bisa menyaksikan upacara di Istana Merdeka secara virtual.

(Baca: Minta Warga Patuh, Pemerintah Ingin Agustus RI Merdeka dari Corona)

Ketika lagu kebangsaan dikumandangkan saat upacara berlangsung, Pratikno mengajak masyarakat untuk menghentikan kegiatan sejenak. “Berdiri tegak, tegap, khidmat, mengikuti dikumandangkan lagu Indonesia Raya saat upacara berlangsung,” kata Pratikno.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement