Koperasi Bakal Ditinggal Milenial kalau Tak Garap Industri Kreatif

Image title
12 Juli 2020, 16:27
koperasi, industri kreatif, milenial, menteri koperasi ukm teten masduki
dok. BNI
Menteri Koperasi & UKM Teten Masduki menilai regenerasi kepengurusan koperasi berjalan lambat karena koperasi terlambat dalam menggarap industri kreatif yang digemari anak muda atau kaum milenial.

Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) menyebutkan proses regenerasi kepengurusan koperasi berjalan lambat sehingga menyebabkan adanya risiko yang besar dalam mempertahan eksistensi koperasi di masa depan.

Hal ini terjadi lantaran koperasi cenderung terlambat mengubah strategi bisnisnya untuk merambah ke industri kreatif yang digemari kaum milenial.

Advertisement

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan, berdasarkan hasil kunjungannya pada lebih dari 100 unit koperasi sebagian besar pengurusnya dijalankan oleh orang-orang tua. Kondisi yang sama juga terjadi di kampus-kampus yang mana bisnis koperasi dilakukan tanpa adanya peran mahasiswa.

"Saya kaget setelah bertemu dengan 100 koperasi yang terbesar ternyata tidak ada anak mudanya, ini jangan-jangan koperasi mengalami stagnasi regenerasi. Tapi itu memang sebenarnya betul terjadi dan perlu dicarikan visi baru agar koperasi lebih diterima anak muda," kata Teten dalam diskusi daring di Jakarta, Minggu (12/7).

(Baca: Banyak Koperasi Gagal Bayar, Kemenkop Tambah Isi RUU Perkoperasian)

Menurut dia, saat ini koperasi-koperasi yang ada di Indonesia sebagian besar belum merambah pada industri kreatif dan cenderung menjalankan bisnisnya secara konvesnsional. Padahal, potensi industri kreatif sangat besar dan sangat diganderungi opeh anak muda.

Uapaya untuk digitalisasi koperasi pun harus dilakukan dengan menyasat target industri animasi, musik dan hiburan, game serta pariwista. Sektor-sektor ini merupakan titik potensial yang digemari anak muda khususnya di kalangan mahasiswa.

"Dengan format yang modern jangan hanya nanti bisnis koperasi jadi tukang fotokopi atau bikin kaos atau bikin jaket almamater, bisnis lainnya juga penting karena milenial ini kan tertarik dengan ekonomi kreatif," kata dia.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement