Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 4 Buka Akhir Juli, Kuota 500 Ribu

Rizky Alika
13 Juli 2020, 20:55
kartu prakerja gelombang 4 akhir juli,
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj.
Warga mencari informasi tentang pendaftaran program Kartu Prakerja. Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang keempat akan dibuka akhir bulan Juli 2020 dengan kuota sebanyak 500 ribu peserta.

Pemerintah akan membuka pendaftaran kartu prakerja gelombang 4 pada akhir Juli 2020, dengan jumlah kuota sebanyak 500 ribu peserta atau meningkat dari kuota gelombang sebelumnya sebanyak 300 ribu orang.

"Kami berharap batch 4 dapat segera dibuka akhir Juli mudah-mudahan dengan kuota sampai 500 ribu orang peserta," kata Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Susiwijono Moegiarso di kantornya, Jakarta, Senin (13/7).

Advertisement

Dia menjelaskan bahwa pendafatara kartu prakerja gelombang 4 akan diprioritaskan untuk pekerja yang terdampak pandemi Covid-19 sesuai data whitelist  Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) yang dikumpulkan bersama BPJS Ketenagakerjaan.

Nantinya pendaftaran gelombang 4 kartu prakerja akan dibuka setelah Manajemen Pelaksana memperoleh hasil verifikasi pembayaran lembaga pelatihan untuk pelaksanaan gelombang 1 hingga gelombang 3.

(Baca: Palsukan Identitas, Peserta Kartu Prakerja Dapat Dituntut Ganti Rugi)

"Pembayaran kepada lembaga pelatihan oleh BPKP saat ini sedang berjalan," ujar Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Kreatif, Kewirausahaan, dan Daya Saing Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Kemenko Perekonomian Rudy Salahuddin.

Sementara itu Direktur Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas, Kementerian Ketenagakerjaan, Bambang Satrio Lelono mengungkapkan bahwa ada sekitar 3 juta pekerja dan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) terdampak covid-19 yang masuk dalam data whitelist Kemenaker dan BPJS Ketenagakerjaan.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement