Bantah Dinasti Politik, Gibran: Ini Kontestasi, Bukan Penunjukkan

Dimas Jarot Bayu
24 Juli 2020, 18:16
pilkada solo, gibran rakabuming raka, dinasti politik, jokowi
ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/pras.
Kandidat calon wali kota Solo Gibran Rakabuming Raka membantah tudingan dinasti politik.

Kandidat calon wali kota Solo Gibran Rakabuming Raka membantah tudingan dinasti politik terhadapnya. Menurut Gibran, keikutsertaannya dalam Pilkada Solo 2020 murni sebagai kontestasi politik.

Oleh karena itu, putra sulung Presiden Joko Widodo atau Jokowi ini merasa dirinya bisa kalah dan bisa menang dalam Pilkada Solo 2020. “Jadi tidak ada kewajiban untuk mencoblos saya. Ini kan kontestasi, bukan penunjukkan,” kata Gibran dalam diskusi virtual, Jumat (24/7).

Advertisement

Lagi pula, Gibran menilai masyarakat di Solo sudah mengerti soal dinasti politik. Asumsi Gibran itu muncul karena warga tak pernah meributkan perkara dinasti politik kepadanya setiap blusukan.

Masyarakat Solo, lanjut Gibran, menerimanya dengan tangan terbuka. Atas dasar itu, Gibran mempertanyakan kembali apa yang dimaksud dengan dinasti politik.

“Kalau yang namanya dinasti politik, di mana dinasti politiknya? Saya juga bingung kalau orang bertanya seperti itu,” kata Gibran.

Gibran lantas menilai hanya segelintir orang yang mengaitkannya dengan masalah dinasti politik. Hanya saja, Gibran tak mengungkap lebih lanjut siapa segelintir orang yang dia maksud.

“Kalau yang masih meributkan dinasti politik itu kan ya dari, ya kita tahu orang orangnya siapa, dan yang diributkan itu-itu saja,” kata Gibran.

Sementara itu, kandidat calon bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramono menyadari bahwa stigma dinasti politik akan terus melekat kepadanya. Ini lantaran Hanindhito merupakan putra sulung dari Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Walau demikian, Hanindhito tak ambil pusing dengan masalah tersebut. Hanindhito merasa sudah kebal dan tak mau menanggapi tudingan soal dinasti politik tersebut.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement