Idul Adha Jokowi Kurban 34 Sapi, Masing-masing Satu di Tiap Provinsi

Dimas Jarot Bayu
30 Juli 2020, 15:33
jokowi kurban sapi, idul adha
ANTARA FOTO/Moch Asim/nz
Petugas menggiring sapi kurban sumbangan Presiden Joko Widodo di halaman Masjid Al Akbar, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (30/7/2020). Sapi jenis Peranakan Ongole (PO) dengan bobot 1,04 ton tersebut akan dikurbankan dan dibagikan kepada warga pada H+1 Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan mengurbankan satu sapi di masing-masing provinsi di seluruh Indonesia pada hari raya Idul Adha yang jatuh pada hari Jumat 31 Juli.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan, sapi yang dikurbankan Presiden di 34 provinsi memiliki berat antara 800 kilogram (kg) hingga 1 ton. "Setiap provinsi Presiden memberikan satu sapi," kata Heru saat dihubungi Katadata.co.id, Kamis (30/7).

Heru memastikan bahwa seluruh sapi yang dikurbankan Jokowi dalam kondisi yang sehat. Sapi-sapi tersebut telah diperiksa oleh Dinas Peternakan setempat dan Kementerian Pertanian.

Adapun, pembagian daging kurban sapi Jokowi rencananya akan dikoordinasikan oleh pemerintah daerah masing-masing. "Minggu lalu juga sudah video conference dengan gubernur (di 34 provinsi) untuk disalurkan," kata Heru.

Sementara itu di Jakarta, Jokowi akan berkurban sapi di Masjid Istiqlal, Jakarta. Sapi yang dikurbankan Jokowi tersebut berjenis peranakan ongole (PO) dari Tulang Bawang, Lampung, dengan bobot 1.088 kg.

Penyerahan sapi kurban di Masjid Istiqlal dilakukan secara simbolis oleh Menteri Agama Fachrul Razi. "Saya secara khusus menyerahkan kepada Bapak Imam Besar untuk hewan kurban ini disembelih dan dibagikan dagingnya kepada mereka yang berhak," kata Fachrul.

Fachrul lantas berpesan agar daging hewan kurban pada Idul Adha 2020 bisa dibagikan sebanyak-banyaknya kepada fakir miskin dan orang yang membutuhkannya. Apalagi, Fachrul menilai mereka sangat terdampak oleh pandemi virus corona Covid-19 yang sedang terjadi saat ini.

"Kita berterima kasih kepada Bapak Presiden yang dalam situasi Covid-19 ini berkenan untuk menitipkan kurbannya di Masjid Istiqlal yang kita banggakan ini," katanya.

Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...