Emas Dunia Tembus US$ 2.000, Logam Mulia Antam Melambung Rp 19.000

Happy Fajrian
5 Agustus 2020, 09:43
harga emas
ANTARA FOTO/FB Anggoro/foc.
Seorang pegawai menunjukkan kepingan emas di toko dan perhiasan di Kota Pekanbaru, Riau, Selasa (28/7/2020).

Harga emas dunia terus melonjak. Pada penutupan perdagangan Selasa (4/8), harga emas berhasil menembus level US$ 2.000 per ons, tepatnya US$ 2.019,21 di pasar spot global, dan US$ 2.021 di pasar berjangka Comex.

Menurut data Bloomberg, pada perdagangan pagi ini, Rabu (5/8), pun harga emas masih terus bergerak naik. Terutama di pasar berjangka harganya naik hingga US$ 15 atau 0,74% menjadi US$ 2.036 per ons. Meskipun di pasar spot harganya sedikit merosot US$ 2,1 atau 0,1% menjadi US$ 2.017,11 per ons.

Advertisement

Dengan demikian harga emas sepanjang tahun ini telah melonjak hingga 33% seiring pandemi corona yang memukul perekonomian dunia. Ini membuat investor memburu emas sebagai instrumen safe haven.

“Penyebab utama (kenaikan harga emas) adalah ketidakpastian apakah ekonomi dunia akan jatuh ke dalam resesi, atau akan pulih didorong oleh stimulus,” kata Fund Manager Ninety One Inggris, George Cheveley, seperti dikutip Financial Times, Rabu (5/8).

Sementara itu Kongres Amerika Serikat (AS) hingga kini belum menemukan kata sepakat untuk paket stimulus ekonomi berikutnya. Partai Demokrat ingin melanjutkan dukungan pengangguran US$ 600 per minggu.

Namun anggota kongres dari partai Republik ingin memangkas besaran bantuan tersebut menjadi hanya US$ 200 per minggu. Tanpa ada kejelasan dari paket bantuan ini, daya beli di perekonomian terbesar di dunia ini berpotensi anjlok, sehingga semakin menghambat proses pemulihan ekonomi.

Keputusan investor memburu emas juga didasari oleh merosotnya imbal hasil (yield) instrumen obligasi korporasi dan surat utang pemerintah seiring kebijakan suku bunga rendah dari berbagai bank sentral di dunia untuk memacu pertumbuhan ekonomi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement