Pemerintah akan Bunyikan Sirine di Seluruh Indonesia saat 17 Agustus

Dimas Jarot Bayu
6 Agustus 2020, 14:17
hut kemerdekaan indonesia
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/wsj.
Sejumlah atlet panjat tebing Jawa Barat memasang baliho di papan panjat tebing Lapangan Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (3/8/2020).

Pemerintah akan membunyikan sirine di seluruh Indonesia saat memperingati hari ulang tahun (HUT) kemerdekaan ke-75 pada 17 Agustus 2020. Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan, sirine akan dibunyikan pada pukul 10.17 WIB.

Momentum itu bertepatan dengan prosesi pengibaran bendera merah putih di Istana Kepresidenan, Jakarta. “Pukul 10.17 WIB,  sirine di seluruh Tanah Air berbunyi bersamaan,” kata Heru di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (6/8).

Advertisement

Menurut Heru, pembunyian sirine akan memanfaatkan berbagai infrastruktur yang dimiliki pemerintah daerah. Dia mencontohkan, pemerintah daerah bisa memanfaatkan sirine yang ada di mobil pemadam kebakaran, mobil Dinas Perhubungan, hingga mobil patroli polisi.

Nantinya, sirine dibunyikan di sejumlah titik strategis. “Seperti di pasar, di perempatan jalan, sehingga pada pukul 10.17 WIB, mereka bisa dengarkan sirine yang disiapkan pemerintah provinsi, kabupaten, dan kota,” kata Heru.

Bersamaan dengan itu, masyarakat diminta berdiri tegak dengan sikap sempurna selama tiga menit. Warga yang berada di zona waktu berbeda dapat menyesuaikan diri untuk mengikuti prosesi tersebut.

Contohnya, warga di wilayah Indonesia bagian timur bisa berdiri tegak dengan sikap sempurna pada pukul 12.17 WIT. “Bagaimana di luar negeri? Jika itu memungkinkan waktunya hanya beda 3, 4, atau 5 jam, ya wajib ikuti. Tentu kalau waktunya beda 10 jam, di sana malam hari, ya tidak bisa,” kata Heru.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement