Kota Depok Menjadi Zona Merah Covid-19 di Jawa Barat

Dimas Jarot Bayu
10 Agustus 2020, 17:59
depok zona merah, jawa barat, virus corona, covid 19
ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/hp.
Petugas menempelkan stiker disegel sementara toko pakaian yang masih buka saat PSBB di salah satu pusat perbelanjaan di Depok, Jawa Barat, Selasa (19/5/2020).

Jawa Barat kini memiliki satu kota yang masuk zona merah atau memiliki risiko penularan virus corona atau Covid-19 yang tinggi, yakni Depok. Sebelumnya, Jawa Barat tidak memiliki satupun kabupaten/kota yang berstatus zona merah.

"Ada satu kabupaten/kota dengan risiko tinggi. ini catatan kita bersama untuk sama-sama waspada di manapun berada," kata anggota Tim Pakar Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Dewi Nur Aisyah di Gedung BNPB, Jakarta, Senin (10/8).

Advertisement

Dewi mengatakan, berubahnya Depok menjadi zona merah karena warganya memang memiliki mobilitas tinggi, terutama ke Jakarta. Ini lantaran mereka banyak yang harus bekerja di Ibu Kota.

Alhasil, banyak dari warga Depok yang ikut tertular corona saat berpergian dari dan ke Jakarta. "Ini salah satu catatan untuk kita bersama agar hati-hati, terutama yang kerjanya mobile dari satu wilayah ke wilayah yang lain," kata Dewi.

Sementara, ada sembilan kabupaten/kota di Jawa Barat yang masuk zona oranye atau memiliki risiko penularan corona sedang. Jumlah ini berkurang dibandingkan pekan sebelumnya yang sebanyak 11 kabupaten/kota.

Jumlah kabupaten/kota di Jawa Barat yang masuk zona kuning atau memiliki risiko penularan corona rendah bertambah satu menjadi 17. Pada pekan sebelumnya, Jawa Barat memiliki 16 kabupaten/kota yang masuk zona kuning.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement