Ahli Epidemiologi Usulkan Penanganan Covid-19 Langsung Dipimpin Jokowi

Image title
11 Agustus 2020, 12:05
satgas covid 19, penanganan corona, jokowi
ANTARA FOTO/Fauzan/wsj.
Tim Satgas COVID-19 DPR melakukan sidak terhadap penerapan protokol kesehatan bagi penumpang di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Pakar epidemiologi Universitas Indonesia (UI) Pandu Riono mengusulkan penanganan pandemi corona di Indonesia dipimpin secara langsung oleh Presiden Joko Widodo alias Jokowi. Hal ini karena kinerja Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 dinilai tidak efektif.

Pandu menjelaskan, pembentukan Satgas Covid-19 justru menambah panjang birokrasi penanganan wabah dan menambah hambatan kinerja tim medis. Sedangkan penanganannya selama ini sangat mengandalkan tim medis baik dari Dinas Kesehatan kota maupun provinsi dan Kementerian Kesehatan.

Advertisement

"Kalau dipimpin langsung oleh Presiden bisa memanggil Menteri Kesehatan jika kerjanya tidak beres, kalau satgas atau komite tidak bisa," kata Pandu kepada Katadata.co.id, Selasa (11/8).

Menurut dia, upaya penanganan pandemi yang dipimpin langsung oleh Presiden juga telah diterapkan di berbagai negara dan terbukti lebih efektif. Kebijakan-kebijakan yang diambil pun lebih cepat diimplementasikan dibandingkan harus melalui satgas.

Tak hanya itu, Pandu juga menyebutkan adanya perbedaan data yang dilaporkan oleh satgas kepada Presiden. Salah satunya yakni jumlah kematian yang dimakamkan menggunakan protap Covid-19 tak dimasukkan dalam statistik korban.

Padahal, berdasarkan aturan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) orang yang dimakamkan menggunakan protap Covid-19 harus masuk sebagai korban. "Saya tidak tahu kenapa itu tidak masuk dalam korban meninggal, apakah ingin kelihatan kecil korbannya atau bagaimana," kata dia.

Di sisi lain, Pandu menyebutkan kenaikan angka penyebaran virus di Indonesia yang masih terus terjadi disebabkan karena minimnya edukasi yang dilakukan pemerintah maupun Satgas Penanganan Covid-19.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement