Ini Alasan Jokowi Beri Fahri Hamzah & Fadli Zon Bintang Tanda Jasa

Rizky Alika
13 Agustus 2020, 15:05
jokowi, fadli zon, fahri hamzah, tanda kehormatan, bintang tanda jasa
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/aww.
Presiden Joko Widodo memberi bintang tanda jasa kepada dua lawan politiknya, Fahri Hamzah dan Fadli Zon, sebagai bentuk demokrasi.

Presiden Joko Widodo alias Jokowi memberikan bintang tanda jasa kepada sejumlah tokoh, termasuk Wakil Ketua DPR periode 2014-2019 Fahri Hamzah dan Fadli Zon, yang notabene merupakan lawan politiknya. Jokowi memastikan penghargaan tersebut sebagai bentuk demokrasi.

"(Walaupun) berlawanan dalam politik, berbeda dalam politik, bukan berarti kami bermusuhan dalam berbangsa dan negara. Ini namanya negara demokrasi," kata Jokowi di Istana Negara, Kamis (13/8).

Advertisement

Mantan Walikota Solo itu juga memastikan bahwa dia berteman baik dengan Fahri Hamzah dan Fadli Zon. Adapun, pemberian tanda kehormatan tersebut merupakan hasil persetujuan sidang Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan (Dewan GTK) periode Agustus 2020.

Dalam kesempatan yang sama, Fahri mengatakan Jokowi sebagai kepala negara ingin menjaga persatuan. Demokrasi pun perlu dijaga di tengah pandemi. "Covid-19 itu momen sekarang bagi kita persatukan bangsa," ujar dia.

Fadli menambahkan, pemberian tanda kehormatan merupakan sebuah tradisi negara yang memiliki tujuan untuk menjaga demokrasi. Para anggota eksekutif, legislatif, dan yudikatif turut menjaga persatuan negara tersebut.

"Dan Saudara Fahri dari pimpinan tinggi DPR ini sebetulnya penghargaan rakyat, artinya untuk demokrasi kita," katanya. Dia pun memastikan perbedaan politik dengan Jokowi dapat membantu untuk memajukan negara.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement