Penjualan Mobil Bulan Juli Melonjak Dua Kali Lipat jadi 28.028 Unit

Fahmi Ahmad Burhan
15 Agustus 2020, 10:13
penjualan mobil, gaikindo
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/hp.
Petugas berjalan di antara mobil-mobil yang akan diekspor di dermaga IPC Car Terminal, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (4/8/2020). Berdasarkan data Gaikindo penjualan mobil Juli 2020 naik 2 kali lipat dibandingkan bulan sebelumnya.

Penjualan mobil selama dua bulan terakhir terus menunjukkan tren peningkatan. Berdasarkan data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil di Juli meningkat sampai dua kali lipat jika dibandingkan bulan sebelumnya.

Pada Juni 2020, tercatat, penjualan mobil di pasar domestik mencapai 14.078 unit. Penjualan melonjak dua kali lipat pada Juli menjadi 28.028 unit. Sebelumnya pada Juni pun terjadi lonjakan penjualan hingga tiga kali lipat dibanding bulan sebelumnya yang hanya terjual 3.705 unit.

Advertisement

Adapun penjualan mobil masih didominasi oleh Grup Astra. Total pangsa pasar yang dikuasai oleh Grup Astra di Juli mencapai 40% untuk mobil selain segmen Low Cost Green Car (LCGC). Sementara untuk mobil LCGC, pangsa pasar yang dikuasai Grup Astra mencapai 57%.

Penjualan mobil Grup Astra pun mengalami peningkatan 100% lebih. Dari 5.734 unit mobil terjual di Juni, Grup Astra berhasil meningkatkan penjualan hingga 11.691 unit di Juli.

Head of Corporate Communications Astra, Boy Kelana Soebroto, mengatakan bahwa pemulihan berangsur-angsur di Juni dan Juli 2020 diharapkan akan tetap konsisten hingga akhir tahun. "Sehingga penjualan mobil nasional bisa kembali pulih dan berkontribusi pada perekonomian nasional," katanya dalam siaran pers pada Sabtu (15/8).

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement