Jumlah Pasien RS MItra Keluarga Turun hingga 50% Selama Penerapan PSBB

Image title
24 Agustus 2020, 18:16
rumah sakit mitra keluarga, jumlah kunjungan pasien, psbb, virus corona
KATADATA/www.mitrakeluarga.com
Ambulans RS Mitra Keluarga Kelapa Gading membawa pasien ke unit gawat darurat. Jumlah kunjungan pasien ke seluruh jaringan RS Mitra Keluarga anjlok hingga 50% imbas penerapan PSBB.

Pengelola jaringan rumah sakit Mitra Keluarga, PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk mengungkapkan penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB)  untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona membuat jumlah pasien yang berkunjung ke rumah sakit berkurang signifikan.

Investor Relations Mitra Keluarga Aditya Wijaya menjelaskan jumlah pasien yang berkunjung ke jejaring rumah sakit yang dikelola perusahaan berkode emiten berkode saham MIKA ini turun drastis selama penerapan PSBB yakni pada periode April dan Mei.

“Pasien rawat jalan turun hingga 50% dan pasien rawat inap turun 30-40%. Namun sejak PSBB dilonggarkan atau Juni hingga kini pasien rawat jalan sudah meningkat 40%. Sedangkan pasien rawat meningkat 5-10%,” katanya dalam public Expose yang diselenggarakan secara virtual, Senin (24/8).

Di sisi lain, menurut Aditya, perusahaan menambah dana opersional untuk melaksanakan tes polymerase chain reaction (PCR) bagi pasien yang akan melakukan rawat inap. Tujuannya agar pihak rumah sakit bisa memastikan ruangan yang tepat bagi pasien. “Jadi screening test PCR jadi keharusan bagi pasien rawat inap,” ujarnya.

Sedangkan bagi pasien rawat jalan, perusahaan memastikan apakah pasien pernah mengunjungi zona merah atau zona hitam penyebaran corona. Jika pernah, pasien tersebut wajib menjalani tes PCR. “Kami juga sudah memberikan APD yang lengkap bagi para tenaga kerja maupun dokter yang sedang praktek,” katanya.

Rencana Ekspansi Tetap Jalan

Meski jumlah pasien yang berkunjung berkurang pada tahun ini, Mitra Keluarga tetap berekspansi. Aditya menyebut, perseroan berhasil mengakuisisi satu rumah sakit di Cirebon, Jawa Barat, pada semester I tahun ini.

Sementara itu, Mitra Keluarga juga sedang membangun rumah sakit yang ke-26 di Surabaya, Jawa Timur. Progresnya sudah 90% dan ditargetkan rampung akhir tahun ini. “Pembangunan ini berasal dari anggaran belanja modal sebesar Rp 238 miliar. Realisasi sudah 50% lebih untuk bangun rumah sakit,” jelasnya.

Halaman:
Reporter: Muchammad Egi Fadliansyah
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...