Produksi Rokok Tahun Ini Diramal Turun 40% Akibat Cukai Naik & Corona

Dimas Jarot Bayu
30 Agustus 2020, 15:53
produksi rokok, cukai rokok, pandemi corona
Arief Kamaludin|KATADATA
Display rokok di minimarket.

Gabungan Perserikatan Pabrik Rokok Indonesia (GAPPRI) memperkirakan produksi rokok tahun ini bakal turun 30-40%. Sekretaris Jenderal GAPPRI Willem Petrus Riwu menyebutkan penurunan ini karena industri hasil tembakau (IHT) atau rokok terpukul oleh dua faktor sekaligus.

Faktor pertama yakni kenaikan tarif cukai hasil tembakau (CHT) atau cukai rokok sebesar 23% dan harga jual eceran (HJE) sebesar 35% pada awal 2020. "Penurunannya 11% kalau dari kebijakan cukai yang naik eksesif," ujar Willem pada diskusi virtual, Minggu (30/8).

Sementara, faktor kedua yaitu pandemi corona atau Covid-19. Willem memperkirakan pandemi ini berkontribusi sebesar 19% terhadap penurunan kinerja industri rokok. "Pukulan paling berat itu adalah Covid-19," kata Willem.

Bahkan dia memprediksi penurunan produksi rokok masih akan berlanjut hingga tahun depan. Oleh karena itu dia tak sepakat jika pemerintah berencana menaikkan target penerimaan cukai rokok pada 2021.

Rencananya, pemerintah menaikkan target penerimaan cukai rokok menjadi Rp 172,75 triliun pada tahun depan. Artinya ada kenaikan target penerimaan sebesar 4,71%. "Kondisi ideal, tarif (CHT) enggak usah naik. Kita masih banyak pukulan, masih belum stabil," kata Willem.

Menurut dia target cukai rokok lebih baik sama dengan tahun ini yang sebesar Rp 164,9 triliun. Untuk menambah penerimaan negara, Willem menyarankan pemerintah bisa melakukan ekstensifikasi barang kena cukai (BKC).

Lebih lanjut, dia meminta agar pemerintah dapat mendorong kinerja IHT di dalam negeri. Menurutnya, daya saing industri rokok harus bisa ditingkatkan agar bisa berkompetisi di kancah global.

Dia juga meminta pemerintah untuk bisa terus memberantas rokok ilegal. "Kemudian membangun regulasi yang memberikan perlindungan kepada industri rokok," kata dia.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...