Bandara Baru Yogyakarta Punya Sistem Mitigasi Gempa dan Tsunami

Dimas Jarot Bayu
31 Agustus 2020, 14:54
bandara yia, bandara yogyakarta international airport, bandara internasional yogyakarta, bmkg, gempa bumi tsunami
ANTARA FOTO/ANDREAS FITRI ATMOKO
Penumpang memasuki area bandara seusai mendarat dengan pesawat komersial Citilink saat penerbangan perdana di Bandara Yogyakarta International Airport (YIA), Kulonprogo, DI Yogyakarta, Senin (6/5). Saat ini Bandara YIA mulai beroperasi untuk penerbangan komersial.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika alias BMKG mengakui bahwa Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) yang baru diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Jumat (28/8) terletak di wilayah rawan bencana.

Meski demikian, BMKG memastikan bahwa konsep pembangunan bandara tersebut telah mengadopsi sistem mitigasi gempa dan tsunami. Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG Daryono mengatakan, struktur bangunan Bandara YIA telah mengacu pada peraturan bangunan tahan gempa.

Advertisement

"Bandara YIA juga sudah dilengkapi sistem peringatan dini tsunami yang terintegrasi dengan BMKG," kata Daryono melalui konferensi virtual, Senin (31/8).

Dia menjelaskan bahwa Bandara YIA telah dilengkapi dengan Warning Receiver System. Alat tersebut merupakan penerima informasi gempa dan peringatan dini tsunami berupa sirine yang merupakan sarana untuk perintah evakuasi.

Bandara YIA juga telah dilengkapi alat sensor accelorograph, intensity meter, dan earthquake early warning system untuk mengetahui dampak guncangan gempa yang sedang terjadi. "Serta SOP respon Bandara YIA terkait langkah-langkah yang harus dilakukan jika terjadi gempa dan tsunami," kata Daryono.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement