Tingkat Positif Corona Jakarta Melonjak Jadi 9,7% Pasca-Libur Panjang

Dimas Jarot Bayu
31 Agustus 2020, 18:44
tingkat positivitas, positivity rate, jakarta, virus corona, covid-19
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/aww.
Suasana lalu lintas saat pemberlakukan PSBB di kawasan Kebayoran Lama, Jakarta, Kamis (21/5/2020).

Libur panjang beberapa waktu lalu mengakibatkan kasus positif virus corona atau Covid-19 di DKI Jakarta melonjak. Hal tersebut pun membuat tingkat positivitas (positivity rate) corona di Ibu Kota kembali mengalami kenaikan.

Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, tingkat positivitas corona di Jakarta mencapai 9,7%. Angka ini memang lebih rendah dibandingkan tingkat positivitas corona secara nasional yang sebesar 14,8%. 

Walau demikian, tingkat positivitas corona di Jakarta masih lebih tinggi dibandingkan yang direkomendasikan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). “Sebagai standar WHO, positivity rate harus di bawah 5%,” kata Wiku di Gedung BNPB, Jakarta, Senin (31/8).

Besarnya tambahan kasus corona juga berdampak kepada tingginya tingkat okupansi tempat tidur di ICU dab ruang isolasi pada rumah sakit (RS) di Jakarta. Angka keterpakaian tempat tidur di ICU pada rumah sakit (RS) di Jakarta telah mencapai 77%. 

Sementara itu, angka keterpakaian tempat tidur di ruang isolasi pada rumah sakit (RS) di Jakarta sudah mencapai 69%. “Kondisi ini memang tidak ideal,” kata Wiku.

Kendati demikian ini bukan tingkat positivitas tertinggi Jakarta. Sebelumnya pada pertengahan Juli 2020, positivity rate Ibu Kota sempat mencapai 10,5%. Sementara itu tingkat kematian akibat corona di Jakarta juga terus menurun menjadi 3%, atau di bawah rata-rata nasional yang mencapai 4.3%.

Sementara, tingkat kesembuhan pasien corona di Jakarta terus meningkat. Saat ini, tingkat kesembuhan pasien corona di Jakarta sebesar 76,7%, di atas rata-rata nasional yang mencapai 72%.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...