Jumlah Penumpang Transportasi Umum Melonjak Pasca-Relaksasi PSBB

Agatha Olivia Victoria
1 September 2020, 16:34
bps, psbb, jumlah penumpang transportasi, sektor transportasi,
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/wsj.
Antrean calon penumpang kereta rel listrik (KRL) di Stasiun Bojong Gede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (20/7/2020).

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto mengungkapkan bahwa sektor transportasi pada Juli 2020 mulai bergeliat seiring dengan relaksasi kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Hal ini terlihat dari meningkatnya jumlah penumpang pada periode tersebut dibandingkan periode sebulan sebelumnya. Peningkatan pun terjadi di seluruh moda transportasi. "Tetapi belum pulih atau normal," ujarnya dalam konferensi virtual, Selasa (1/9).

Advertisement

Menurut data BPS, jumlah penumpang angkutan udara domestik pada Juli sebanyak 1,5 juta orang atau naik 135,74% secara bulanan. Peningkatan jumlah penumpang terjadi di semua bandara utama yang diamati, dengan peningkatan terbesar di Bandara Ngurah Rai-Denpasar sebesar 263,16%.

Setelah itu peningkatan jumlah penumpang di Bandara Soekarno Hatta-Banten berada di urutan kedua sebesar 145,24%, diikuti Bandara Kualanamu-Medan 119,93%, Bandara Hasanuddin-Makassar 97,53%, dan Bandara Juanda-Surabaya 89,08%.

Meski demikian jumlah penumpang domestik terbesar tercatat melewati Bandara Soekarno Hatta yakni mencapai 427 ribu orang atau 29,34% dari total penumpang penerbangan domestik, diikuti Juanda-Surabaya 121 ribu orang atau 8,31%.

Suhariyanto mengungkapkan bahwa hal tersebut merupakan kabar yang menggembirakan. Harapannya, perlahan kehidupan akan menjadi normal dengan mematuhi protokol kesehatan. "Sehingga geliat transportasi juga makin membaik bulan berikutnya," ujar dia.

Kendati demikian, jumlah penumpang udara domestik dibanding Juli 2019 masih turun 79,58%. Sementara jumlah penumpang angkutan udara ke luar negeri atau internasional pada Juli 2020 sebanyak 25 ribu orang atau naik 57,67% dibanding Juni 2020.

Peningkatan jumlah penumpang internasional terjadi di Bandara Ngurah Rai-Denpasar 133,33%, Soekarno Hatta-Banten 54,79%, dan Bandara Juanda-Surabaya 25%. Sedangkan Bandara Kualanamu-Medan tetap, dan Hasanuddin-Makassar bulan Juli masih tidak ada penumpang.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement