Pengusaha Tak Bisa Lagi Efisiensi, Perlu Inovasi untuk Kerek Penjualan

Rizky Alika
3 September 2020, 22:18
daya beli, strategi pelaku usaha, penjualan
ANTARA FOTO/Adwit B Pramono/pras.
Pengunjung memperhatikan sejumlah barang di salah satu pusat perbelanjaan di Manado, Sulawesi Utara, Jumat (10/7/2020).

Daya beli masyarakat masih rendah akibat pandemi Covid-19. Pelaku usaha pun melakukan berbagai inovasi pada produknya agar penjualan tetap dapat ditingkatkan, 

Menurut Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Perbelanjaan Indonesia (APPBI) Alphonzus Widjaja, inovasi menjadi kunci karena dunia usaha telah melakukan efisiensi secara maksimal. Inovasi tersebut dinilai efektif dalam menambah penjualan.

"Sudah tidak ada lagi upaya efisensi yang bisa dilakukan. Dunia usaha harus melakukan banyak inovasi untuk mendorong penjualan," ujarnya kepada Katadata.co.id, Kamis (3/9).

Adapun bentuk inovasi yang dilakukan di antaranya seperti dengan menjual produk dalam kemasan yang lebih kecil sehingga harganya menjadi lebih terjangkau oleh masyarakat. Selain itu, pengusaha juga berupaya menjual produk dengan harga yang lebih murah.

Agar harga jual menjadi lebih murah, pelaku usaha juga menggunakan bahan baku alternatif dengan harga yang lebih murah. "Banyak inovasi lainnya supaya harga jual menjadi lebih murah," ujar dia.

Alphonzus mengatakan pelaku usaha juga meminta pemerintah untuk bertindak lebih cepat agar perekonomian tidak terpuruk lebih dalam. Realisasi berbagai stimulus ataupun relaksasi yang diberikan saat ini menurutnya masih sangat lambat.

Sementara itu Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Roy Mandey berharap ada sinkronisasi kebijakan antara pemerintah daerah dan pusat yang dapat mendorong daya beli masyarakat.

"Di daerah, ritel modern yang menerapkan protokol dengan baik justru dibatasi jam operasionalnya. Ini membuat konsumsi tak maksimal," kata Roy.

Menurutnya, upaya pembatasan jam operasional ritel dapat menghambat pertumbuhan ekonomi. Sebab, pembatasan tersebut bisa menunda transaksi yang dilakukan oleh karyawan usai pulang kerja.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...