Pemerintah Siapkan Uang Muka Pengadaan Vaksin Corona Rp 3,3 Triliun

Rizky Alika
4 September 2020, 21:56
uang muka vaksin corona, vaksin virus corona,
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/aww.
Ilustrasi vaksin.

Pemerintah telah menyiapkan uang muka atau down payment (DP) untuk pembelian vaksin virus corona sebesar Rp 3,3 triliun. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartato mengatakan total anggaran yang disiapkan untuk vaksin ialah sebesar Rp 37 triliun yang bersifat multi years.

"Terkait vaksin, sudah tersedia dan diharapkan down payment tahun ini sebesar Rp 3,3 triliun," kata Airlangga dalam konferensi pers di kantornya, Jumat (4/9).

Advertisement

Sebagaimana diketahui, Indonesia akan mendapatkan 290 juta dosis vaksin virus corona pada akhir 2021. Pemerintah telah menjalin kerja sama bilateral dengan sejumlah negara dalam pengembangan vaksin.

Untuk tahap pertama, Indonesia akan mendapatkan vaksin virus corona hingga 30 juta dosis pada akhir 2020 dari Sinovac Biotech Ltd asal Tiongkok sebanyak 20 juta dosis dalam rangka pengembangan vaksin bersama Bio Farma. Serta 10 juta dosis dari perusahaan asal Uni Emirat Arab (UEA) G42 yang bekerja sama dengan Kimia Farma.

Selain itu, pemerintah juga mencari sumber vaksin alternatif. Sebab, saat ini belum ada vaksin yang telah mendapat lampu hijau dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement