Satukan Persepsi, Satgas Luncurkan Buku Pedoman Penanganan Covid-19

Happy Fajrian
17 Oktober 2020, 13:21
bnpb, satgas covid-19, buku pedoman penanganan covid-19
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/nz.
Petugas puskesmas menempelkan poster imbauan memakai masker saat sosialisasi gerakan 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak) di kawasan pemukiman warga Tanah Sareal , Kota Bogor, Jawa Barat, Kamis (1/10/2020).

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada Jumat (16/10) meluncurkan buku Pedoman Perubahan Perilaku Penanganan Covid-19 sebagai acuan bagi masyarakat dalam merubah perilaku dengan terbiasa menerapkan protokol kesehatan.

Masyarakat sudah mengetahui gerakan 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak hindari kerumunan, dan mencuci tangan pakai sabun di air mengalir. Namun implementasi protokol kesehatan dengan mematuhi dan menerapkan perilaku untuk selalu 3M di masa pandemi corona dalam kehidupan sehari-hari, tak selalu baik.

Advertisement

“Perubahan perilaku terhadap ketaatan protokol kesehatan tidak cukup hanya sebatas tahu dan mengerti. Maka protokol kesehatan ditegakkan dengan melibatkan polisi dan tentara melalui operasi yustisi,” kata Ketua Satgas Penanganan Covid 19 Jawa Timur Joni Wahyuhadi, dikutip laman covid19.go.id, Sabtu (17/10).

Joni mengatakan bahwa pihaknya melakukan survei selama empat bulan di masa pandemi. Hasilnya, pengetahuan masyarakat tentang covid-19 cukup, perilaku baik, tapi implementasinya tidak selalu baik.

Deputi Bidang Pencegahan BNPB Lilik Kurniawan mengatakan bahwa buku ini ditunggu masyarakat sebagai acuan bersama dalam menerapkan perubahan perilaku di masa pandemi ini.

Dia mengatakan bahwa mulai dari Maret sampai Oktober 2020 banyak perubahan yang berbeda yang membuat masyarakat bingung. Organisasi-organisasi masyarakat dan sejumlah lembaga membuat buku acuan sendiri yang pemahamannya berbeda. Akibatnya, ketika sosialisasi masyarakat bingung.

“Buku ini yang kita tunggu-tunggu sebagai acuan kita semua dari Sabang sampai Merauke, termasuk kami di BNPB,” ujar Lilik.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement