Sri Mulyani Optimistis Penemuan Vaksin Covid-19 akan Pulihkan Ekonomi

Happy Fajrian
17 Oktober 2020, 09:44
sri mulyani, vaksin virus corona, pemulihan ekonomi
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Menteri Keuangan Sri Mulyani membacakan tanggapan pemerintah atas pengesahan Undang-Undang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2021 dalam Rapat Paripurna DPR, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (29/9/2020).

Menteri Keuangan Indonesia Sri Mulyani mengatakan kepastian adanya vaksin virus corona merupakan senjata penting untuk menangani pandemi serta dapat membantu pemulihan ekonomi nasional.

“Ketersediaan dan akses vaksin sangat diperlukan untuk penanganan Covid-19 serta mendukung pemulihan ekonomi,” kata Sri Mulyani dalam pertemuan virtual G20 Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral, Jumat (16/10).

Advertisement

Pertemuan tersebut menekankan peran krusial dari aksi kolektif dalam mendorong penelitian dan pengembangan, produksi, dan distribusi alat Covid-19, termasuk diagnostik, terapeutik, dan vaksin.

Demi mencegah dan menangani pandemi, pertemuan tersebut juga menyoroti perlunya menjadikan vaksin sebagai barang publik global karena negara-negara membutuhkan akses yang setara dan terjangkau.

Negara-negara G20 juga membahas Universal Health Coverage (UHC) untuk negara berkembang untuk meningkatkan ketahanan, kesiapsiagaan, dan respon sistem kesehatan mereka terhadap wabah.

Indonesia Jalin Kerja Sama Multilateral untuk Vaksin

Dalam upaya memenuhi kebutuhan vaksin virus corona, pemerintah memperkuat kerja sama multilateral dengan sejumlah mitra, termasuk Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Aliansi Global untuk Vaksin dan Imunisasi (GAVI).

Dalam pertemuan dengan Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, delegasi Indonesia yang dipimpin Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menekankan dukungannya terhadap prinsip multilateralisme termasuk untuk isu vaksin.

“Indonesia juga menekankan pentingnya semua negara dunia untuk memperkuat solidaritas agar dunia dapat segera mengatasi pandemi ini secara bersama dan segera,” kata Retno dalam pengarahan media virtual dari Jenewa, Swiss, Jumat.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement