Anies Sebar Ratusan Pompa untuk Antisipasi Banjir di Jakarta

BMKG memprediksi musim hujan tahun ini akan berlangsung mulai akhir Oktober
Merdeka.com
Oleh Merdeka.com
17 Oktober 2020, 16:25
banjir jakarta, musim hujan, pemprov dki, anies baswedan
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/foc.
Petugas UPK Badan Lingkungan Provinsi DKI Jakarta mengangkut sampah dari Kali Ciliwung ke dalam bak truk di Sawah Besar, Jakarta Pusat, Minggu (4/10/2020).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan pihaknya telah menyiapkan sejumlah antisipasi untuk menghadapi banjir saat musim hujan tiba. Salah satunya yakni menyediakan sejumlah pompa-pompa air di sejumlah titik.

"Menurut prediksi BMKG musim penghujan akan berlangsung mulai akhir Oktober. Jakarta terus bersiap dengan berbagai upaya (menyediakan) 487 unit pompa stasioner yang tersebar di 178 lokasi," kata Anies melalui media sosial Instagram @aniesbaswesdan pada Sabtu (17/10).

Lalu, ada penambahan 10 pompa mobile yang saat ini tersedia sebanyak 160 unit dengan kapasitas 400 liter/detik. Pompa tersebut diprioritaskan untuk sejumlah titik seperti Kali Betik, Muara Angke, Teluk Gong dan lokasi yang rawan lainnya.

Selanjutnya ada 65 unit pompa apung yang tersebar di lima wilayah DKI Jakarta dengan kapasitas 50 liter/detik.

"Program gerebek lumpur, pengerukan masif di sungai, waduk, embung, situ di DKI Jakarta. Telah dilakukan di dua lokasi yakni Waduk Ria Rio dan Kali Baru Barat," jelasnya.

Video Pilihan

Artikel Terkait