Kasus Covid-19 di Jakarta Masih Naik, Ada 1.147 Tenaga Kesehatan Baru

Happy Fajrian
15 November 2020, 10:17
jakarta, tenaga kesehatan, jumlah kasus covid 19,
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/wsj.
Kader kesehatan dan juga masyarakat umum memberikan tepuk tangan selama 56 detik untuk para tenaga kesehatan secara virtual di Puskesmas Pondok Betung, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (12/11/2020).

Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta telah merekrut 1.147 relawan baru untuk penanggulangan Covid-19 di ibukota. Mereka akan ditempatkan di 309 puskesmas dan Suku Dinas Kesehatan wilayah.

Kepala Dinkes DKI Jakarta, Widyastuti, mengatakan bahwa 1.147 tenaga tambahan ini merupakan pelamar yang lolos seleksi dari jumlah 2.404 pelamar. Rinciannya, 1.137 orang pelacak kontak (contact tracer) dan 10 orang petugas data (data manager).

"Mereka sudah menerima Surat Tugas dari Sekretaris Utama (Sestama) BNPB RI secara simbolis pada Puncak Acara Peringatan HKN ke-56 di Ruang Pola Balai Kota DKI Jakarta," ungkap Widyastuti, seperti dikutip beritajakarta.id, Minggu (15/11).

Widyastuti menjelaskan, pelacak kontak dan petugas data yang terpilih menjalankan tugas sampai akhir Desember 2020 dan wajib hadir di Puskesmas selama delapan jam kerja per hari. "Mereka sudah mulai bertugas baik di Puskesmas Kecamatan dan Puskesmas Kelurahan," ucapnya.

Untuk diketahui, Pelacak Kontak tingkat Puskesmas minimal lulusan D III bidang kesehatan. Sedangkan Petugas Data Tingkat Kabupaten/Kota yakni minimal S2 bidang kesehatan dan diutamakan yang memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) epidemiolog kesehatan.

Jumlah Kasus Aktif di Jakarta Masih Terus Naik

Penambahan jumlah tenaga kesehatan ini sejalan dengan penambahan jumlah kasus di ibukota yang masih tinggi. Pada Sabtu (14/11), berdasarkan data Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, uji PCR telah terhadap 9.820 spesimen dan 7.951 orang. Hasilnya 887 dinyatakan positif dan 7.064 negatif.

"Untuk rate tes PCR total per 1 juta penduduk sebanyak 133.576. Jumlah orang yang dites PCR sepekan terakhir sebanyak 58.895," ujar Dwi,.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...