FIFA Batalkan Piala Dunia U-20 di Indonesia Akibat Pandemi Covid-19

Happy Fajrian
25 Desember 2020, 08:59
piala dunia u-20 indonesia batal, fifa, covid 19, pandemi
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/ama.
Petugas menyemprotkan cairan disinfektan di Kompleks Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (26/3/2020).

FIFA memutuskan untuk membatalkan perhelatan sepak bola Piala Dunia U-20 yang sedianya akan digelar di Indonesia dan Piala Dunia U-17 yang akan digelar di Peru pada 2021 mendatang. Meski demikian baik Indonesia dan Peru tetap akan menjadi tuan rumah ajang olahraga tersebut pada 2023.

“Akibat pandemi Covid-19, dewan FIFA memutuskan membatalkan Piala Dunia FIFA U-20 dan Piala Dunia FIFA U-17 putra,” tulis pernyataan FIFA seperti dikutip dari laman resminya FIFA.com, Kamis (24/12).

Menurut pernyataan FIFA, pandemi Covid-19 dan kondisi serba sulit yang berdampak pada pembatasan perjalanan internasional menjadi tantangan terhadap penyelenggaraan ajang olahraga ini.

Sebelum memutuskan pembatalan ini, FIFA menyatakan telah berkonsultasi dengan stakeholder terkait, baik negara tuan rumah maupun negara-negara yang akan menjadi peserta turnamen tersebut.

“Kondisinya menjadi jelas bahwa situasi global telah gagal untuk dinormalisasi ke tingkat yang memadai untuk mengatasi tantangan terkait penyelenggaraan kedua turnamen, termasuk kelayakan jalur kualifikasi yang relevan,” tulis FIFA.

RENOVASI LAPANGAN PENDUKUNG PIALA DUNIA U-20
RENOVASI LAPANGAN PENDUKUNG PIALA DUNIA U-20 (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/wsj.)

FIFA juga mengucapkan terima kasih kepada asosiasi serta pihak berwenang di Indonesia dan Peru atas komitmen dan persiapan yang telah dilakukan selama ini. Organisasi sepakbola dunia ini berharap dapat terus bekerja sama dengan negara tuan rumah untuk menyelenggarakan turnamen yang sukses.

Piala Dunia FIFA U-20 rencananya bakal digelar pada 20 Mei hingga 12 Juni di enam venue di enam kota di Indonesia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...