Luncurkan IDNStore, Jurus Mendag M. Lutfi Dorong Ekspor ke Tiongkok

Image title
14 Januari 2021, 17:55
mendag m lutfi, kementerian perdagangan, idnstore, indonesia store
ANTARA FOTO/Ismar Patrizki/mes/wsj.
Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi meluncurkan platform perdagangan digital Indonesia Store atau IDNStore, untuk meningkatkan ekspor ke Tiongkok, Hong Kong, dan Taiwan.

Kementerian Perdagangan (Kemendag) resmi meluncurkan platform digital Indonesia Store atau IDNStore. Platform ini merupakan aplikasi e-commerce yang akan membantu pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) mengekspor produknya ke pasar Tiongkok, Hong Kong, dan Taiwan.

Aplikasi ini mulai dioperasikan pada November 2020. Sebanyak lebih dari 1.000 pelaku usaha telah bergabung dengan platform ini, dan berhasil meningkatkan transaksi perdagangan dengan Hong Kong.

Advertisement

Menteri Perdagangan M. Lutfi menyatakan, perdagangan berbasis elektronik ini mampu mendekatkan pembeli dan penjual, sehingga menciptakan pasar yang lebih luas. Serta di saat yang sama produk buatan Indonesia tidak hanya bisa menjadi tuan rumah di negara sendiri tetapi bisa kokoh di pasar global.

"Sehingga sangat penting bagi Indonesia untuk mempenetrasi pasar Tiongkok, karena kita digempur banyak platform digital seperti Shopee dan Lazada. Jadi ini (IDNStore) seperti serangan balik dalam sepakbola," kata Mendag pada peluncuran IDNStore secara virtual, Kamis (14/1).

Apalagi, lanjut Lutfi, saat ini neraca perdagangan Indonesia dengan Tiongkok masih mencatatkan defisit yang besar. Namun kehadiran IDNStore tidak hanya untuk meningkatkan penjualan produk Indonesia ke tiga negara yang tersebut.

IDNStore menunjukkan upaya Indonesia bertransformasi dari negara pengekspor barang mentah dan barang setengah jadi, menjadi pengekspor barang jadi dan barang industri berteknologi tinggi.

Tren ini semakin membaik setiap tahunnya. Meski demikian di era kolaborasi perdagangan internasional saat ini, untuk bisa meningkatkan penjualan ke pasar luar negeri, Indonesia juga harus membuka pasarnya untuk memberikan kesempatan negara lain memasarkan produknya.

"Sehingga kuncinya adalah memastikan bagaimana Indonesia bisa menghasilkan produk-produk yang berkualitas sehingga bisa berkompetisi dengan produk di pasar regional dan global," kata Mendag.

Di saat yang sama Indonesia juga harus memastikan barang yang masuk dari luar negeri adalah barang yang berkualitas, yang dapat membantu pelaku usaha di dalam negeri untuk bisa bersaing atau meningkatkan produksi yang berorientasi ekspor.

"Oleh sebab itu, ini adalah terobosan yang harus kita kerjakan. Mudah-mudahan dengan platform IDNStore, Indonesia bisa memanfaatkan pasar Tiongkok,” ujarnya.

Halaman:
Reporter: Annisa Rizky Fadila
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement