KRL Yogya - Solo Masuki Tahap Uji Coba, Penumpang Cukup Bayar Rp 1

Image title
19 Januari 2021, 20:13
krl yogya solo, commuterline, yogya
Adi Maulana Ibrahim |Katadata
Kereta KRL Commuter Line melintas di kawasan Kuningan, Jakarta.

Kereta Rel Listrik (KRL) Yogya – Solo resmi diluncurkan. Nantinya, akan tersedia 11 kereta dengan stasiun pemberhentian lintas Yogyakarta – Solobalapan. Sebelum beroperasi penuh, KRL akan diujicobakan mulai 20 hingga 31 Januari.

Dalam uji coba ini pula, tarif yang dikenakan hanya Rp 1. Untuk menggunakan layanan ini, masyarakat diharuskan untuk mempunyai kartu e-money, ataupun commuter pay.

Advertisement

Direktur Utama KAI Commuterline Wiwik Widyanti menyatakan, uji coba bertujuan untuk menguji sistem yang berjalan, sekaligus memperkenalkan KRL kepada masyarakat Yogya dan Solo.

“Melalui uji coba, masyarakat bisa mengetahui bagaimana pelayanan KRL. Ini akan menjadi pengalaman baru bagi masayrakat Yogya dan Solo,” ujar Wiwik dalam konferensi pers Hadirnya KRL Yogya – Solo, Selasa (19/1).

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Zulfikri memproyeksi, tahun ini KRL Yogya - Solo mampu mengangkut enam juta penumpang.

Hal itu dilandasari dari studi kelayakan pembagunan elektrifikasi Yogya – Solo. Di mana, hasil studi menunjukkan ada peningkatan signifikan terhadap penumpang.

“Yogya – Solo menjadi wilayah aglomerasi dengan jumlah penduduk 10 juta. Harapannya ke depan penumpang KRL Yogya Solo mencapai 29 juta orang,” ujar Zulfikri.

Rencananya, kapasitas yang disediakan oleh KRL ini lebih tinggi dibandingkan kereta Prambanan Ekspres (Prameks). Zulfikri pun menambahkan, pengoperasian KRL di wilayah Yogya Solo didasari karena koridor tersebut penuh dengan kawasan wisata.

Halaman:
Reporter: Annisa Rizky Fadila
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement