PPKM Diperpanjang, Pengusaha Mal Minta Dikecualikan dari Pembatasan

Image title
22 Januari 2021, 20:13
ppkm diperpanjang, mal, pusat belanja, jam operasional
ANTARA FOTO/Novrian Arbi/wsj.
Pengunjung berjalan di salah satu pusat perbelanjaan di Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (7/1/2021). .

Pemerintah memperpanjang penerapan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Jawa Bali selama dua pekan hingga 8 Februari 2021. Pelaku usaha menyambut kebijakan ini lantaran pemerintah memperpanjang jam operasional pusat perbelanjaan atau mal hingga pukul 20.00.

Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja (APBI) Alphonzus Widjaja mengatakan bahwa pelonggaran jam operasional mal dapat menggairahkan bisnis karena bakal terjadi peningkatan jumlah pengunjung. Walaupun pendapatan mal dan restoran tidak akan meningkat signifikan.

Advertisement

"Jika mal maupun restoran diizinkan beroperasi sampai 20.00 WIB, diharapkan pusat perbelanjaan mendapat peak hour kunjungan, meski tidak tinggi," ujarnya kepada Katadata.co.id, Jumat (22/1).

Meski akan mendapat pelonggaran, Alphonzus meminta agar pemerintah bisa mengecualikan mal dari pembatasan. Sebab, pengelola mal telah berkomitmen dalam melaksanakan protokol kesehatan. Terbukti, pusat perbelanjaan tidak menjadi kluster penyebaran virus corona.

Oleh karena itu dia meminta pemerintah mengizinkan restoran beroperasi hingga pukul 21.00. Sehingga kapasitas pengunjung bisa ditingkatkan setidaknya hingga 50%, dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

"PPKM diperpanjang pun, faktanya jumlah kasus positif terus meningkat. Bahkan, beberapa kali telah mencatat rekor tertinggi. Mal merupakan salah satu fasilitas masyarakat yang aman dan sehat untuk dikunjungi," kata dia.

Jumlah kunjungan ke mal pada bulan Desember 2020 dapat dilihat pada databoks berikut:

Dihubungi terpisah, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) juga menyambut baik kebijakan ini. Meskipun dengan pelonggaran ini jumlah pengunjung maupun pendapatan restoran belum akan pulih.

“Memang ada kesempatan untuk menambah pendapatan. Selama kapasitasnya dibatasi 25%, tentu tidak berpengaruh banyak. Ini jauh dari harapan kami,” ujar Wakil Ketua PHRI Emil Arifin.

Halaman:
Reporter: Annisa Rizky Fadila
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement