Pandemi Belum Terkendali, Positif Covid-19 RI Tambah 12.191 Kasus

Happy Fajrian
23 Januari 2021, 17:44
kasus positif, covid-19, virus corona, pandemi corona, kasus harian
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/aww.
Warga berjalan di depan baliho informasi tentang pandemi COVID-19 di Jakarta, Selasa (19/1/2021).

Upaya pengendalian pandemi corona di Indonesia belum juga membuahkan hasil yang positif. Hal ini terlihat dari tambahan kasus positif covid-19 harian yang masih berada di atas 10 ribu per hari.

Kementerian Kesehatan pada Sabtu (23/1) mengumumkan, tambahan kasus positif Covid-19 di Indonesia sebanyak 12.191. Dengan jumlah tes yang dilakukan terhadap 42.987 orang, tingkat positif Covid-19 hari ini mencapai 28,36%.

Advertisement

Tingkat positif tersebut jauh di atas standar Badan Kesehatan Dunia (WHO) sebesar 5% yang menandakan suatu negara telah berhasil mengendalikan pandemi.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof.Wiku Adisasmito mengatakan pemerintah dan masyarakat harus waspada dan paham bahwa pandemi belum usai. "Kita masih hadapi ancaman Covid-19 yang semakin meningkat di sekitar kita," ujar Wiku beberapa waktu lalu.

Oleh karena itu Wiku merasa tidak akan pernah bosan untuk mengingatkan masyarakat agar menjaga disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan, salah satunya melalui gerakan 3M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Menurut dia, ini merupakan cara yang paling efektif saat ini untuk terhindar dari tertular atau menulari virus corona. Apalagi dengan proses vaksinasi yang masih sangat panjang, dan sebagian besar masyarakat masih belum mendapat giliran.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement