Masih Pandemi, Gaikindo Jangkau Konsumen Lewat Aplikasi GIIAS Auto360

Aplikasi GIIAS Auto360 merupakan gabungan pameran digital, marketplace, dan update terkini industri otomotif.
Image title
27 Januari 2021, 18:05
gaikindo, giias auto360, giias, otomotif, penjualan mobil
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/foc.
Pekerja membersihkan lantai di Tunas Daihatsu, Tebet, Jakarta, Selasa (16/6/2020). Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) melaporkan, penjualan mobil di Indonesia pada Mei 2020 hanya mencapai 17.083 unit, menukik tajam 82% dari pencapaian Mei 2019 yaitu 93.881 unit.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengembangkan aplikasi GIIAS Auto360 untuk mempermudah pelaku industri otomotif dalam menjangkau konsumen di masa pandemi corona. Aplikasi ini memiliki tiga fitur utama yakni pameran digital, marketplace, dan news industri update.

Hadirnya aplikasi ini untuk mengantisipasi perubahan pola belanja otomotif masyarakat selama pandemi Covid-19, sehingga diharapkan bisa menjembatani kebutuhan konsumen dengan penyelenggara pameran maupun produsen otomotif.

“Dengan aplikasi digital khusus untuk industri otomotif Indonesia diharapkan akan menjadi kendaraan baru bagi pemain industri untuk menggapai konsumen,” kata Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi, melalui siaran pers, Rabu (27/1).

Yohannes menjelaskan bahwa aplikasi tersebut memungkinkan konsumen untuk melihat fitur dan spesifikasi tiap merek, jenis, dan tipe mobil secara lengkap untuk membantu menentukan pilihan.

GIIAS Auto360 juga menawarkan berbagai variasi bis dan truk, variasi motor, serta aftermarket, mulai dari aksesoris mobil dan motor serta kebutuhan produk dan jasa otomotif. Aplikasi ini akan mulai bisa diakses pada Juli 2021.

“Sebagai upaya bangkit, Gaikindo memperkenalkan inovasi terbaru, yakni sebuah aplikasi digital yang dapat memberikan solusi optimal dalam memenuhi semua kebutuhan produk dan jasa otomotif masyarakat Indonesia,” ungkap Rizwan Alamsjah, Ketua Penyelenggara Pameran Gaikindo.

Sementara itu, Agus Riyadi, Project Director Seven Event yang ditunjuk Gaikindo sebagai pelaksana penyelenggaraan pameran dan aplikasi digital GIIAS Auto 360 mengatakan aplikasi ini turut menggandeng merek-merek otomotif resmi yang juga hadir pada pameran GIIAS.

Sehingga dia meyakini GIIAS Auto360 akan menjadi aplikasi penjualan otomotif yang aman dan terpercaya. “Saat ini kami sedang dalam proses pendaftaran merchant yang terbuka bagi perusahaan otomotif untuk bergabung dan membuka peluang baru,” kata Agus.

Agus menambahkan saat ini aplikasi GIIAS Auto360 sedang dalam proses penyempurnaan agar bisa maksimal memenuhi kebutuhan otomotif publik satu bulan menjelang pelaksanaan GIIAS 2021.

GIIAS MEDAN 2019
GIIAS MEDAN 2019 (ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi)

 

Penjualan Mobil 2020 Anjlok Imbas Pandemi

Menurut data Gaikindo, penjualan mobil nasional di pasar domestik sepanjang 2020 turun signifikan. Total volume penjualan wholesale hanya mencapai 1.031.126 unit atau turun 48,35% dibandingkan tahun sebelumnya. Sementara penjualan ritel hanya mencapai 1.043.017 unit, turun 44,55%.

Meski demikian, capaian tersebut sejalan dengan target Gaikindo yang memang beberapa kali merevisi target penjualan tahun 2020 seiring pandemi corona yang memukul daya beli dan perekonomian.

Revisi pertama dilakukan pada kuartal II, dari target penjualan 1,05 juta unit menjadi 600 ribu unit. Kemudian pada November target tersebut direvisi lagi menjadi 525 ribu unit.

Meski demikian Gaikindo menatap tahun 2021 dengan lebih optimistis. Ketua I Gaikindo, Jongkie Sugiarto, memprediksi penjualan mobil tahun ini bisa mencapai 750 ribu unit.

“Kami optimistis di 2021 karena pemerintah sudah menargetkan pertumbuhan ekonomi 3-5%. Kalau memang demikian, kami berharap ini (penjualan) bisa kembali ke 750 ribu dulu,” kata Jongkie.

Grafik penjualan mobil sepanjang 2020 dapat disimak pada databoks berikut ini:

Reporter: Antara

Video Pilihan

Artikel Terkait