Menjajal Kehandalan SUV Hyundai Palisade, Pesaing Fortuner dan Pajero

Happy Fajrian
1 Februari 2021, 11:46
hyundai palisade, mobil suv hyundai
Katadata
Palisade, SUV flagship Hyundai untuk pasar Indonesia.

Hyundai Motor Indonesia resmi memperkenalkan mobil mewah sport utility vehicle (SUV) Palisade yang akan menjadi flagship untuk pasar Indonesia. Katadata.co.id berkesempatan menjajal langsung mobil SUV mewah nan bertenaga ini di berbagai jenis jalan dan medan.

Kehadiran Palisade semakin meramaikan pasar SUV mewah di tanah air yang sebelumnya telah diisi oleh Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero. Meski demikian mobil besutan Hyundai ini menawarkan kemewahan yang tidak ditemukan pada pesaingnya tersebut.

Wajar jika Palisade dibanderol jauh di atas harga dua pesaingnya itu, yakni mulai Rp 777 juta (on the road/OTR) untuk varian terendahnya, Prime, hingga Rp 1,08 miliar (OTR) untuk varian tertingginya, Signature All Wheel Drive (AWD). Ada juga varian Signature dengan dibanderol Rp 888 juta (OTR).

Dari dapur pacu, Hyundai menyematkan mesin turbo diesel e-VGT dengan kubikasi 2.200 cc CRDi yang mampu menyemburkan tenaga sebesar 200 ps atau 197 tenaga kuda (horse power/hp) dengan torsi badak 440 Nm pada putaran rendah.

Sehingga mobil ini memiliki respon akselerasi yang sangat responsif di jalanan perkotaan, dan sangat mudah untuk diajak bermanuver. Padahal Palisade memiliki body yang bongsor dengan bobot nyaris mencapai 2 ton, tepatnya 1.955 kilogram (kg).

Berikut databoks kinerja ekspor mobil Indonesia berdasarkan merek:

Namun ketika diajak melahap jalanan yang menanjak dan berkelok di daerah Ciawi dan Sentul, Bogor, Palisade juga dapat berakselerasi dengan kencang. Meskipun saat itu mobil hanya membawa dua penumpang, termasuk sopir. Hyundai memang membatasi maksimal dua orang dalam satu mobil untuk meminimalisir risiko covid-19.

Suspensi mobil ini pun memiliki peredaman guncangan yang baik, walaupun tidak seperti pesaingnya, Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero, yang menggunakan sasis ladder frame. Sasis jenis ini diklaim memiliki daya serap guncangan yang lebih baik, sehingga getaran akan lebih halus.

Sementara Palisade menggunakan sasis monokok yang unggul dari sisi desain yang ringkas dan bobot yang lebih ringan. Hal ini akan berpengaruh pada beberapa aspek seperti konsumsi bahan bakar, serta akselerasi yang lebih cepat.

Meski demikian guncangan masih terserap dengan baik tanpa mempengaruhi kestabilan mobil. Sehingga mobil masih dapat bermanuver dengan baik di jalanan yang tidak rata atau rusak.

Hyundai Palisade
Hyundai Palisade (Katadata)

Hyundai merilis Palisade dengan transmisi otomatis delapan percepatan. Yang menarik, transmisi Palisade tidak menggunakan tuas perseneling, melainkan pengaturan dengan tombol shift-by-wire. Namun ada kekhawatiran tombol ini tertekan secara tidak sengaja ketika mobil tengah melaju.

Product Expert Hyundai Motors Indonesia Bonar Pakpahan meyakinkan bahwa mekanisme dari tombol ini sudah dirancang hanya akan bekerja ketika mobil sudah dalam kondisi diam atau berhenti. Sehingga ketika mobil tengah melaju namun tombol R atau mundur tidak sengaja tertekan, tombol tersebut tidak akan berfungsi.

“Jangan khawatir. Kalau tidak sengaja tertekan, misalnya melaju di D tertekan P atau R, maka akan muncul pesan 'shifting condition not met' atau situasi perpindahan gigi tidak terpenuhi di panel instrumen. Otomatis modul menolak perintah perpindahaan transmisi," ujarnya di sela-sela acara media test drive Jakarta-Bogor-Jakarta.

Selain shift-by-wire, ada juga fitur empat mode mengendara (drive mode) yakni ‘comfort’ untuk aktivitas mengendara sehari-hari, ‘eco’ untuk efisiensi bahan bakar, ‘sport’ untuk akselerasi mobil yang lebih cepat, serta ‘smart’ di mana mobil akan menyesuaikan pola perpindahan transmisi, pengereman, hingga akselerasi sesuai dengan kebiasaan pengemudi.

Ada juga mode mengendara ‘multi terrain’ untuk jalan bersalju, jalan berlumpur, dan jalan berpasir, yang hanya tersedia pada varian Signature AWD.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...