Vaksin AstraZeneca Tak Efektif Lawan Varian Covid-19 di Afrika Selatan

Happy Fajrian
7 Februari 2021, 10:23
virus corona, covid-19, vaksin virus corona, astrazeneca
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/wsj.
Ilustrasi vaksin virus corona. Hasil studi menyebutkan vaksin Covid-19 buatan AstraZeneca tak ampuh melawan varian baru virus corona asal Afrika Selatan.

Hasil penelitian dari University of the Witwaterstrand dan Oxford University menunjukkan bahwa efikasi vaksin virus corona buatan AstraZeneca menurun signifikan saat melawan varian Covid-19 asal Afrika Selatan. AstraZeneca telah mengonfirmasi hal tersebut pada Sabtu (6/2).

“Vaksin yang kami kembangkan bersama Oxford University sepertinya hanya memberikan perlindungan terbatas terhadap gejala ringan yang ditimbulkan varian Covid-19 Afrika selatan menurut data awal percobaan,” tulis pernyataan AstraZeneca seperti dikutip The Straits Times, Minggu (7/2).

Advertisement

Menurut juru bicara AstraZeneca kesimpulan tersebut berdasarkan uji klinis terhadap lebih dari 2 ribu peserta. Meskipun tidak ada seorangpun peserta tes yang dirawat di rumah sakit atau meninggal setelah mengikuti uji klinis.

“Namun kami belum bisa memastikan efek vaksin terhadap gejala berat pada pasien yang dirawat di rumah sakit mengingat bahwa sebagian besar peserta tes adalah orang dewasa muda yang sehat," kata juru bicara AstraZeneca tersebut.

Perusahaan farmasi asal Inggris tersebut meyakini vaksin buatannya dapat melindungi dari gejala berat varian Covid-19 Afrika Selatan. Ini karena aktivitas antibodi penetral sama dengan vaksin Covid-19 lain yang telah menunjukkan perlindungan terhadap gejala berat.

Sebelumnya dilaporkan bahwa efikasi vaksin buatan AstraZeneca-Oxford University mencapai 76% dalam sekali suntikan. Antibodi yang dihasilkan pun dapat bertahan selama tiga bulan.

Sementara itu British Medical Journal menyebutkan bahwa saat ini virus corona telah mengalami ribuan perubahan dan berkembang menjadi varian baru. Meski demikian hanya sebagian kecil yang akan membawa perubahan yang signifikan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement