Mantan Anak Buah Elon Musk Buat Mobil Listrik untuk Kalahkan Tesla

Happy Fajrian
9 Februari 2021, 18:01
tesla, lucid air, elon musk, tesla, lucid motors
lucidmotors.com
Lucid Air hasil rancangan mantan anak buah Elon Musk, Peter Rawlinson, yang diklaim sebagai mobil listrik tercepat di dunia dengan jarak tempuh terjauh dalam sekali pengisian daya.

Pesaing Tesla di industri mobil listrik bertenaga baterai semakin banyak. Kini, giliran mantan anak buah Elon Musk di Tesla, Peter Rawlinson, yang membuat mobil listrik yang diklaim akan mengalahkan mobil-mobil buatan Tesla.

Rawlinson merupakan Vice President of Engineering di Tesla. Dia membidani lahirnya Tesla Model S pada 2012. Namun setahun kemudian bergabung dengan Lucid Motors sebagai Chief Technology Officer (CTO) dan pada 2019 ditunjuk sebagai Chief Executive Officer (CEO).

Advertisement

Lucid Motors berencana meluncurkan Lucid Air tahun ini, sedan mewah elektrik yang juga dirancang oleh Rawlinson. Dia mengklaim Lucid Air akan menjadi mobil listrik tercepat di dunia, dengan jarak tempuh terjauh dalam sekali pengisian daya. Dengan kata lain, mobil listrik terbaik di dunia.

Meski demikian, Rawlinson mengaku bahwa banyak yang meragukan kemampuan Air. Sama ketika dia memperkenalkan Model S pada 2012 lalu. “Tak ada yang mempercayai saya dengan Air, sama seperti Model S. Tapi kami akan membawa Air ke level yang berbeda,” ujarnya seperti dikutip dari Forbes pada Selasa (9/2).

Lucid meluncurkan Air dalam empat varian. Varian standar dibanderol US$ 77.400 (Rp 1,08 miliar) per unit, varian Touring US$ 95.000 (Rp 1,33 miliar), Grand Touring US$ 139.000 (Rp 1,94 miliar), dan Dream Edition US$ 169.000 (Rp 2,36 miliar).

Air Dream Edition diperkirakan akan memukau pasar karena mengungguli Tesla Model S dengan jarak tempuh 517 mil (832 km) sekali pengisian daya penuh, waktu pengisian daya yang lebih cepat, dan dapat berakselerasi dari kondisi diam ke kecepatan 60 mil/jam (mph) atau 96,5 km/jam dalam 2 detik.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement