RI Berpeluang Dongkrak Ekspor Kopi, Teh, Kakao ke Inggris Pasca-Brexit

Happy Fajrian
18 Februari 2021, 20:40
ekspor kopi, ekspor teh, ekspor kakao, inggris, brexit
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/foc.
Barista meracik kopi di kedai UMKM kopi Rujukan, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (21/1/2021).

Kementerian Perdagangan (Kemendag) mendorong para pelaku usaha kopi, teh, dan kakao di Indonesia untuk memaksimalkan pasar Inggris pasca-Brexit, atau keluarnya Britania Raya dari Uni Eropa.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kasan menyebutkan bahwa tiga komoditas perkebunan tersebut dicari oleh pembeli di pasar Inggris karena konsumsinya yang cenderung meningkat selama pandemi corona.

Advertisement

Apalagi kini Inggris mulai melonggarkan penguncian wilayah atau lockdown secara bertahap seiring dengan tingkat penambahan kasus baru yang turun ke level terendahnya sejak musim gugur 2020, di tiga negara Britania Raya.

“Dengan pelonggaran-pelonggaran lockdown dan pemulihan ekonomi, Indonesia perlu menangkap peluang pemulihan ekonomi dan memaksimalkan pasar Inggris,” kata Kasan dalam sebuah webinar bertajuk ‘Strategi Peningkatan Perdagangan Produk Kopi, Teh, dan Kakao ke Pasar Inggris’, Kamis (18/2).

Kasan menyampaikan bahwa peluang pelonggaran lockdown di Britania Raya akan mendorong pemulihan ekonomi di sana. Indonesia pun tidak terkena dampak dari Brexit yang hanya dirasakan Inggris dan negara Uni Eropa, sehingga eksportir tidak menghadapi kendala tarif.

Meski demikian ada beberapa persoalan yang harus diperhatikan pengusaha Indonesia dari sisi non tarif, yakni mulai dari masalah lingkungan hingga hal-hal lainnya yang diinginkan pembeli di Inggris.

“Pelaku usaha harus bisa menyampaikan cerita atau filosofi dari produknya. Ini akan menjadi nilai tambah dan menjadi keharusan agar produk kita bisa dapat akses yang cukup baik sehingga penjualannya meningkat,” kata dia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement