Waspada Banjir, BMKG Prediksi Curah Hujan Tinggi hingga Rabu Depan

Happy Fajrian
21 Februari 2021, 09:44
banjir, bmkg, hujan, prediksi hujan
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/hp.
Relawan berusaha mengevakuasi warga yang terjebak banjir dengan menggunakan perahu karet di kawasan Wijaya Timur, Petogogan, Jakarta, Sabtu (20/2/2021).

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi seluruh wilayah DKI Jakarta masih berpotensi hujan dengan intensitas lebat hingga Rabu 24 Februari 2021.& Oleh karena itu warga diimbau agar tetap waspada terhadap ancaman bencana banjir.

BMKG memprediksi intensitas hujan pada Minggu (21/2) cenderung melemah menjadi intensitas rendah hingga Senin (22/2). “Dan akan meningkat kembali menjadi hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi pada 23 sampai dengan 24 Februari,” kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati seperti dikutip dari laman resmi BMKG.

Sebelumnya BMKG juga sudah mengeluarkan peringatan dini pada 18-19 Februari 2021 yang menyebutkan wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) diprediksi diguyur hujan dengan intensitas lebat hingga sangat lebat dengan curah hujan antara 100-150 mm.

Sejumlah wilayah di Jabodetabek pun dilanda banjir usai hujan deras yang mengguyur sejak Jumat (20/2). Berdasarkan data yang dihimpun BMKG, curah hujan tertinggi terjadi di Pasar Minggu mencapai 226 mm/hari, kemudian di Sunter Hulu 197 mm/hari, Lebak Bulus 154 mm/hari dan Halim 176 mm/hari.

"Umumnya kejadian hujan terjadi malam hingga dinihari dan berlanjut sampai pagi hari. Ini merupakan waktu-waktu yang kritis dan perlu diwaspadai," kata Dwikorita.

Deputi Bidang Meteorologi Guswanto menjabarkan, kondisi cuaca ekstrem di wilayah Jabodetabek tersebut disebabkan sejumlah faktor yaitu pada 18-19 Februari tarpantau adanya seruakan udara dari Asia yang cukup signifikan mengakibatakan peningkatan awan hujan di Indonesia bagian barat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...