Jenis-Jenis Mobil Hybrid yang Dijual di Indonesia Beserta Harganya

Happy Fajrian
24 Februari 2021, 20:39
mobil hybrid, mobil phev, mobil plug in hybrid, harga mobil hybrid
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
PT Toyota Astra Motor (TAM)  merilis C-HR Hybrid di The Maj,  Senayan Jakarta Pusat.

Tesla memutuskan untuk membangun pabrik mobil listriknya di India. Padahal sebelumnya produsen mobil listrik besutan Elon Musk ini santer diberitakan akan mendirikan pabriknya di Indonesia, seiring komitmen pemerintah mempercepat penggunaan kendaraan listrik berbasis baterai.

Namun batalnya Tesla mendirikan pabrik di Indonesia menjadi berkah tersendiri bagi produsen mobil hybrid. Ini karena ATPM (agen tunggal pemegang merek) memiliki waktu ekstra untuk menjual mobil hybrid-nya sebelum mobil listrik berkembang lebih jauh lagi.

Advertisement

Apalagi jumlah stasiun pengisian kendaraan listrik (SPKLU) masih terbatas, sehingga belum sepenuhnya mendukung ekosistem mobil listrik berbasis baterai. Alhasil mobil hybrid saat ini dinilai lebih ideal untuk pasar Indonesia.

“Dengan terbatasnya fasilitas pengisian baterai, lebih ideal mobil hybrid. Oleh karena itu dalam transisi ke full mobil listrik, mobil hybrid bisa terus dikembangkan ke hybrid plug-in,” kata ekonom CORE Piter Abdullah.

Berdasarkan jenisnya, mobil hybrid dibagi menjadi dua, yakni hybrid electric vehicle (HEV) dan plug-in hybrid electric vehicle (PHEV). Mobil HEV adalah berpenggerak mesin pembakaran internal atau berbahan bakar minyak (BBM), dan motor listrik.

Cara kerja mobil HEV ini pun ada beberapa jenis. Mobil full hybrid menggunakan mesin BBM sebagai sumber utama penggerak. Pada kecepatan rendah, motor listrik menjadi penggerak utama untuk menghemat BBM.

Motor listrik memberikan tenaga tambahan jika diperlukan, yakni ketika pengendara ingin meningkatkan akselerasi untuk menyalip mobil di depannya, atau dalam kondisi jalan menanjak. Dalam kondisi ini mesin BBM dan motor listrik akan aktif secara bersamaan.

Baterai yang berkapasitas cukup besar juga memungkinkan mobil menempuh jarak cukup jauh hanya menggunakan motor listriknya sebelum digantikan mesin BBM saat kapasitas baterai sudah lemah, yang sekaligus mengisi ulang daya baterai.

Mayoritas mobil hybrid yang dijual di tanah air berjenis ini. Toyota menjadi merek dengan lini mobil hybrid terbanyak, di antaranya All New Corolla Cross Hybrid, All New Camry Hybrid, All New Corolla Altis Hybrid, dan C-HR Hybrid.

Sebenarnya Toyota juga memiliki Prius dan Alphard dalam lini mobil hybrid-nya. Namun dua mobil ini tidak tertera pada situs resmi Toyota Astra Motor (TAM), agen tunggal pemegang merek (ATPM) pabrikan asal Jepang ini di Indonesia, karena penjualannya yang minim.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement