Indonesia Berpeluang Jadi Eksportir Terbesar Alumina pada 2024

Happy Fajrian
25 Februari 2021, 18:58
ekspor alumina, menteri perdagangan, muhammad lutfi, ekspor
ANTARA FOTO/Ismar Patrizki/mes/wsj.
Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi optimistis RI bisa menjadi pengekspor alumina besar di dunia pada 2024.

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi optimistis Indonesia akan menjadi salah satu negara pengekspor produk alumina dan aluminium ingot (batangan) terbesar di dunia pada 2024-2025. Status itu bakal tercapai setelah pabrik milik PT Bintan Alumina Indonesia di Bintan, Kepulauan Riau, mulai berproduksi.

"Investasinya US$ 6 miliar. Ekspor kita bidang alumina dan aluminium ingot ini akan tumbuh sangat besar antara 2024-2025 ketika pabriknya jadi. Ini akan terjadi," kata Mendag saat menggelar konferensi pers secara virtual di Jakarta, Kamis (25/2).

Advertisement

Ia menyebut, hal tersebut merupakan salah satu keberhasilan diversifikasi ekspor yang dilakukan Indonesia, di mana 10 tahun lalu masih menjadi negara pengekspor barang mentah dan barang setengah jadi.

Diversifikasi ekspor, menurut Mendag, membutuhkan investasi dan industrialisasi. Setelah investasi masuk, maka membutuhkan waktu beberapa tahun sebelum Indonesia bisa menikmati adanya produk baru non-migas yang potensial untuk diekspor.

"Seperti yang saya utarakan, bahwa kita memang di 10 tahun lalu masih mengekspor barang setengah jadi dan mentah. Kalau sekarang sudah bergeser, kita sudah menjual besi baja, kita sudah menjual otomotif, yang ini adalah basis daripada investasi ini juga. Diversifikasi itu akan berjalan ketika ada investasi dan basis industrialisasi," ujarnya.

Lutfi meyakini Indonesia akan sukses melakukan diversifikasi ekspor pada waktu mendatang. Hal tersebut dapat terlihat dari investasi yang masuk untuk memproduksi komoditas yang belum ada di dalam negeri dan potensial untuk ekspor.

Misalnya, industri nikel yang ada di Morowali, saat ini menjadikan Indonesia sebagai negara terbesar kedua pengekspor stainless steel ke berbagai negara di dunia.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement