Rayu Tesla, India Tawarkan Biaya Produksi Lebih Murah dari Tiongkok

Happy Fajrian
3 Maret 2021, 18:24
tesla, india, investasi, mobil listrik
ANTARA FOTO/REUTERS/Aly Song
Mobil Tesla Model-3 buatan China terlihat dalam acara pengiriman di pabriknya di Shanghai, China, Selasa (7/1/2020).

Pemerintah India menyatakan siap menggelontorkan insentif bagi produsen mobil listrik asal Amerika Serikat (AS), Tesla agar mau membangun pabriknya di negara Asia Selatan itu. Salah satunya memastikan biaya produksi yang lebih murah dibandingkan Tiongkok.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Transportasi India Nitin Gadkari, beberapa minggu setelah Elon Musk mendaftarkan pendirian perusahaan di negara tersebut. Pendirian perusahaan itu merupakan langkah awal Tesla untuk memasuki pasar India yang diperkirakan mulai pertengahan tahun ini.

Menurut sumber yang mengetahui masalah ini, Tesla berencana untuk masuk pasar India melalui impor dan menjual mobil listrik Model 3. Gadkari mengatakan bahwa daripada hanya merakit, Tesla sebaiknya membuat seluruh produknya di India.

“Pemerintah akan memastikan biaya produksi Tesla paling rendah di dunia, bahkan Tiongkok, ketika mereka mulai memproduksi mobilnya di India. Kami akan jamin itu,” kata Gadkari tanpa memerinci insentif apa yang ditawarkan, seperti dikutip Reuters, Rabu (3/3).

India memang berencana meningkatkan produksi mobil listrik di dalam negeri, termasuk baterai dan komponen lainnya, untuk memangkas impor yang mahal dan mengendalikan tingkat polusi di kota-kota utamanya.

Pangsa pasar mobil listrik di India relatif minim, hanya sekitar 5.000 unit dari total 2,4 juta mobil yang dijual pada tahun lalu. Ini karena infrastruktur pengisian daya yang belum lengkap hingga mahalnya harga mobil listrik.

Sebaliknya, di Tiongkok Tesla sudah memiliki pabrik yang operasional dan menjual hingga 1,25 juta unit mobil listrik pada 2020 dari total penjualan 20 juta unit, dan menyumbang lebih dari sepertiga penjualannya secara global.

Simak negara-negara pengguna mobil listrik terbanyak di dunia pada databoks berikut:

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...