Honda Resmi Pensiunkan Jazz, City Hatchback RS Jadi Penerus

Happy Fajrian
4 Maret 2021, 08:12
honda jazz, honda jazz setop produksi, honda jazz pensiun, city hatchback rs
ANTARAFOTO/Andi/HO
Honda Jazz Speed Challenge pada 2017. Honda resmi pensiunkan model hatchback terlarisnya, Jazz. Honda City Hatchback RS akan menjadi penerusnya.

Honda Prospect Motor (HPM) mengumumkan telah menghentikan produksi mobil hatchback Honda Jazz sejak satu bulan yang lalu. Padahal mobil ini merupakan salah satu mobil terlaris Honda di segmen hatchback.

"Honda Jazz itu bulan lalu terakhir berproduksi, dan hingga saat ini hanya tinggal 300 unit saja," ungkap Yusak Billy sebagai Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor dalam acara peluncuran Honda City Hatcback RS secara virtual, Rabu (3/3).

Honda memiliki reputasi yang cukup kuat di segmen hatchback dengan model-model seperti Jazz dan Civic Hatchback RS, juga Brio RS. Jika digabungkan, model-model tersebut mendominasi segmen hatchback di sepanjang 2020 dengan pangsa pasar mencapai 48%.

Honda Jazz pun secara konsisten terus memimpin segmen tersebut dari tahun ke tahun. Dalam hal ini, varian RS dari Jazz berkontribusi lebih 90% dari total penjualan pada 2020. Tahun lalu, Honda juga meluncurkan model terbaru dari Civic Hatchback dengan varian tunggal RS dan menerima sambutan sangat baik dari konsumen.

"Sampai saat ini sejak dari pertama meluncur di Indonesia, Honda Jazz itu kalau tidak salah sudah ada di pasaran sebanyak 107.700 unit, tapi saya juga harus lihat lagi nanti data pastinya," kata Yusak.

Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sepanjang 2020 Honda Jazz terjual sebanyak 5.422 unit. Jumlah tersebut turun 55,4% dari tahun sebelumnya yang mencapai 12.168 unit, imbas pandemi Covid-19.

Bahkan pada 2018 HPM berhasil menjual 14.270 unit Jazz, dengan varian RS, transmisi otomatis dan manual, mendominasi penjualan hingga 96,6% atau 13.970 unit. Simak merek mobil dengan penjualan tertinggi di Indonesia pada databoks berikut:

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...