Toyota Serius Kembangkan Mobil Listrik Baterai Melalui X-Prologue

Happy Fajrian
15 Maret 2021, 20:57
toyota x prologue, mobil listrik toyota
x-prologue.com
Toyota Motor Corporation akan meluncurkan mobil listrik murni berbasis baterai pertamanya yang berjenis sport utility vehicle (SUV) bernama X-Prologue pada 17 Maret 2021.

Toyota Motor Corporation Jepang akan merilis mobil listrik murni berbasis baterai pertamanya, X-Prologue, secara global pada Rabu 17 Maret 2021. Ini menjadi sinyal keseriusan Toyota untuk bermain di segmen mobil listrik murni.

Seperti diketahui, Toyota selama ini bermain si segmen mobil listrik hybrid dan plug-in hybrid (PHEV). Salah satu andalan pabrikan otomotif asal Negeri Sakura ini yaitu Prius, yang belum lama ini merilis versi PHEV-nya di Indonesia.

Advertisement

Toyota mendulang sukses di kendaraan ramah lingkungan melalui Prius yang diluncurkan pada 1997, jauh sebelum tren mobil listrik. Bahkan Toyota adalah raja di kategori ini hingga dinobatkan sebagai world’s most valuable carmaker. Namun gelar itu direbut Tesla pada 2020.

Meski demikian tak banyak detail yang dapat digali dari mobil listrik anyar Toyota ini. Pada laman resmi peluncurannya, x-prologue.com, Toyota hanya menampilkan potongan gambar lampu berbentuk bumerang pada mobil berwarna merah, dengan logo Toyota di bagian tengah.

Menurut laporan The Driven, X-Prologue merupakan mobil listrik berjenis SUV (sport utility vehicle) yang dijanjikan Toyota pada akhir 2020 yang disebut-sebut hampir siap untuk diproduksi. Mobil ini kemungkinan merupakan proyek kemitraan strategis Toyota dengan Subaru.

Mobil itu disebut-sebut akan menggunakan platform e-TNGA, sebagai variasi dari sasis Toyota New Global Architecture (TNGA) yang sebelumnya sudah diperkenalkan pada model Prius. Platform ini mendukung sistem roda penggerak depan, belakang, atau all wheel drive (AWD), dan dapat mendukung beragam kapasitas baterai dan motor listrik.

“Toyota akan segera mengambil langkah selanjutnya dalam meluncurkan portofolio mobil listrik baterai SUV menengah dalam beberapa bulan mendatang," kata wakil kepala kantor pabrik kendaraan tanpa emisi Toyota Koji Toyoshima ketika itu.

Bahkan pada akhir 2020 lalu Toyota sempat mengumumkan pada awal 2021 akan merilis baterai listrik berjenis solid state yang dapat diisi ulang hanya dalam waktu 10 menit saja. Namun tidak diketahui ppakah peluncuran X-Prologue pada Rabu besok juga akan dimanfaatkan untuk mengumumkan teknologi baterai anyar ini.

Halaman:

The pandemic has led Indonesia to revisit its roadmap to the future. This year, we invite our distinguished panel and audience to examine this simple yet impactful statement:

Reimagining Indonesia’s Future

Join us in envisioning a bright future for Indonesia, in a post-pandemic world and beyond at Indonesia Data and Economic Conference 2021. Register Now Here!

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement