Gempa Bumi Besar Landa Jepang, Mengguncang Reaktor Nuklir Fukushima

Happy Fajrian
21 Maret 2021, 08:37
gempa bumi, jepang, fukushima
ANTARA FOTO/REUTERS/Kyodo//aww/cf
Tembok yang rubuh akibat gempa bumi kuat terlihat di Kunimi, Prefektur Fukushima, Jepang, Minggu (14/2/2021).

Gempa bumi berkekuatan 7,0 skala magnitudo melanda prefektur Miyagi di bagian timur laut Jepang, pada Sabtu (20/3) pukul 18.26 waktu setempat. Gempa menyebabkan tsunami setinggi 1 meter, melanda daerah yang hancur akibat bencana serupa pada 2011.

Sebelumnya gempa tersebut dilaporkan berkekuatan 7,2 magnitudo. Menurut laporan badan meteorologi Jepang, episenter gempa tersebut berada pada koordinat 141,41 derajat bujur timur dan 38,53 derajat lintang utara, atau 27 km timur laut kota Ishinomaki dengan kedalaman 44 km.

Advertisement

Stasiun berita Jepang, NHK, melaporkan peringatan tsunami dicabut sekitar satu jam setelah gempa terjadi. Gempa ini dilaporkan tidak menimbulkan korban cedera atau kematian. Seluruh layanan kereta cepat shinkansen Tohoku dihentikan.

Sekitar 200 rumah tangga di kota Kurihara, Prefektur Miyagi, kehilangan aliran listrik karena gempa. Guncangan juga dapat dirasakan hingga Tokyo yang berjarak sekitar 400 km di selatan pusat gempa.

Sementara itu Tohoki Electric Power melaporkan bahwa gempa tidak menyebabkan operasional pembangkit nuklir Fukushima Daiichi terganggu. Seperti diketahui, pembangkit nuklir Fukushima hancur pada gempa besar Maret 2011 yang menyebabkan krisis nuklir dan evakuasi massal penduduk.

Juru bicara Tohoku Electric juga menyampaikan tidak ada gangguan pada pembangkit nuklir Onagawa dan fasilitas pembangkit nuklir Daini yang berada di dekat pembangkit Fukushima.

Tidak Berdampak ke Indonesia

Koordinator Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Daryono memastikan bahwa gempa magnitudo 7,0 yang mengguncang Jepang pada Sabtu tidak akan berdampak di Indonesia.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement