Ahok: Kebakaran Kilang Balongan Karena Ada Tangki yang Bocor

Image title
1 April 2021, 13:48
kebakaran, kilang balongan, ahok, pertamina
ANTARA FOTO/Humas Pertamina/Priyo Widianto/Handout/DA/wsj.
Tim HSSE & Fire Fighter Pertamina berupaya memadamkan api di lokasi insiden terbakarnya tangki penyimpan BBM di Kilang Balongan RU VI, Indramayu, Jawa Barat, Rabu (31/3/2021). Pertamina RU VI dan Unit RU yang ada di Indonesia bersama petugas DInas Pemadam Kebakaran Cirebon berupaya memadamkan sisa api yang masih membakar salah satu tangki.

Dugaan penyebab terbakarnya tangki di Kilang Balongan, Indramayu, Jawa Barat, pada Senin (29/3) lalu mulai menemui titik terang. Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengatakan penyebabnya adalah retakan yang mengakibatkan adanya kebocoran pada tangki.

Ahok menyampaikan hal tersebut seusai menggelar rapat internal pada hari ini, Kamis (1/4). Ia pun masih akan terus mendalami kasus ini lebih jauh. "Tangki ada retakan vertikal jadi bocor," kata Ahok kepada Katadata.co.id.

Proses investigasi gabungan pun masih akan terus berlanjut untuk mencari penyebab terjadinya retakan. Pasalnya, sertifikat layak fungsi dan catatan perawatan (maintenance) pada tangki sudah lengkap. "Harus ada investigasi buat temukan kenapa bisa ada retak," kata dia.

Selain itu, mengingat banyaknya korban yang berjatuhan berasal dari masyarakat sekitar, Ahok menilai seharusnya Pertamina sudah mempertimbangkan jarak minimum keberadaan kilang dengan permukiman jika semua prosedur diikuti.

Sebelumnya, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati meminta kepada semua pihak untuk menunggu hasil investigasi dengan melibatkan aparat melihat langsung ke lokasi. Perusahaan juga mengumpulkan semua informasi, baik internal maupun eksternal, untuk menjadi bahan investigasi.

Nicke menjelaskan bahwa insiden tersebut terjadi di area tangki penyimpanan bahan bakar minyak atau BBM. Lokasi yang terdampak sekitar 2 hektare (ha) dari total 180 ha luas area Kilang Balongan.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...