Siapkan Sanksi, Pertamina Kebut Investigasi Kebakaran Kilang Balongan

Image title
1 April 2021, 17:21
pertamina, kilang balongan, kebakaran kilang balongan
ANTARA FOTO/Humas Pertamina/Priyo Widianto/Handout/DA/wsj.
Tim HSSE & Fire Fighter Pertamina berupaya memadamkan api di lokasi insiden terbakarnya tangki penyimpan BBM di Kilang Balongan RU VI, Indramayu, Jawa Barat, Rabu (31/3/2021). Pertamina RU VI dan Unit RU yang ada di Indonesia bersama petugas DInas Pemadam Kebakaran Cirebon berupaya memadamkan sisa api yang masih membakar salah satu tangki.

Pertamina bakal menjatuhkan sanksi tegas bila menemukan unsur kelalaian dalam insiden kebakaran tangki T-301 di area Kilang Balongan. Perusahaan energi pelat merah ini akan mempercepat proses investigasi penyebab insiden tersebut.

Hal tersebut disampaikan oleh Senior Vice President Corporate Communications & Investor Relations Pertamina, Agus Suprijanto, sesuai arahan Dewan Komisaris Pertamina pada rapat koordinasi Dewan Komisaris dan Direksi pagi hari ini, Kamis (1/4).

Advertisement

Menurut Agus, keputusan tersebut merupakan wujud komitmen Pertamina dalam penerapan prinsip zero tolerance terhadap setiap insiden yang terjadi di lingkungan Pertamina. Oleh karena itu, sesuai kebijakan direksi dan arahan dewan komisaris, Pertamina mendukung penuh proses investigasi yang dilakukan pihak berwenang.

Pasca pemadaman, perusahaan pelat merah ini juga memastikan kilang Balongan akan segera dioperasikan kembali. "Manajemen akan memberikan sanksi tegas bila ditemukan ada unsur kelalaian dalam insiden ini,” kata Agus dalam keterangan tertulis, Kamis (1/4).

Lebih lanjut, Agus mengatakan, sejak insiden terjadi, Pertamina telah membentuk tim investigasi internal yang bekerja sama dengan aparat penegak hukum. Pertamina membuka seluas-luasnya akses kepada aparat untuk menginvestigasi.

Tim ini nantinya akan berkoordinasi dengan pihak aparat untuk melakukan investigasi hingga tuntas. "Dewan komisaris dan Direksi tidak mentolerir jika ada kelalaian di lapangan," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement