PLN Raih Kontrak Pemeliharaan Listrik di Kuwait Senilai Rp 367 Miliar

Image title
2 April 2021, 09:05
pln, kuwait,
ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani
Ilustrasi.

Perusahaan Listrik Negara (PLN) memperlebar sayap bisnis kelistrikannya di luar negeri melalui entitas cucunya PT Cogindo Daya Bersama (Cogindo). Cogindo menandatangani kontrak operasi dan pemeliharaan jaringan distribusi ketenagalistrikan di Kementerian Listrik dan Air Kuwait senilai US$ 25,3 juta atau Rp 367,5 miliar.

Penandatanganan diwakili oleh NAPCO sebagai perusahaan lokal dan juga mitra Cogindo dalam proyek di Negeri Teluk tersebut serta disaksikan langsung oleh Duta Besar Indonesia untuk Kuwait, Tri Tharyat, Kamis (1/4).

Advertisement

Tri Tharyat mengatakan keberhasilan Cogindo diharapkan membuka pintu investasi BUMN dan perusahaan Indonesia sekaligus mendukung peningkatan tenaga kerja terampil dan ahli Indonesia di Kuwait.

"Saya berharap proyek berjalan dengan baik yang akan menjadi catatan positif bagi Pemerintah Kuwait atas kinerja perusahaan RI," kata Tri dalam keterangan tertulis, Kamis (1/4).

Dia pun mengapresiasi atas keberhasilan Cogindo yang telah resmi berekspansi, dan berharap langkah ini menjadi yang pertama dan dapat diikuti oleh perusahaan lain di Indonesia. "Pak Menteri dari Kuwait tidak bisa hadir langsung namun beliau menegaskan bahwa proyek ini yang pertama namun bukan yang terakhir," ujarnya.

Direktur Utama Cogindo, Ade Hendratno mengatakan kontrak ini menjadi bukti bahwa Indonesia dapat bersaing di pasar global. "Ini menjadi sangat prestisius apalagi di tengah situasi perekonomian yang terkontraksi akibat pandemi Covid-19, Cogindo justru mampu melakukan pengembangan bisnis ke pasar global,” ujarnya.

Melalui kontrak ini, Cogindo akan memelihara jaringan distribusi listrik di seluruh wilayah Kuwait yang memiliki luas 17.818 km2, atau separuh dari luas Provinsi Jawa Barat 35.378 km2. Kontrak berdurasi 36 bulan ini akan membutuhkan sekitar 300 tenaga kerja.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement