Lima Cara Mudah Deteksi Hoaks dan Kebenaran Informasi

Happy Fajrian
2 April 2021, 14:15
cek fakta, hari cek fakta internasional, hoaks
ANTARA FOTO/HAFIDZ MUBARAK
Warga mengangkat poster bertulis penolakan terhadap hoaks jelang Pemilu 2019 saat Hari Bebas Kendaraan Bermotor di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (3/2/2019). Aksi tolak hoaks tersebut digelar untuk mewujudkan pesta demokrasi yang aman dan damai.

Seiring dengan berkembangnya teknologi informasi yang kian pesat, orang menjadi semakin mudah mencari segala macam informasi dan berita. Namun di saat yang sama, berita bohong atau hoaks juga dapat menyebar ke khalayak ramai dengan kemudahan dan kecepatan yang sama.

Oleh karena itu derasnya arus informasi juga harus dibarengi dengan kuatnya menyaring dan mengecek fakta dari informasi yang beredar atau fact checking. Tahun 2020 merupakan tahun yang sangat sibuk bagi para pengecek fakta karena adanya pandemi Covid-19 dan juga pemilu di seluruh dunia.

Advertisement

Beragam informasi beredar. Banyak informasi yang benar atau valid, namun tak sedikit yang menyebarkan hoaks atau kebohongan. Menurut laporan yang didukung Google News, lebih dari 50 ribu cek fakta baru muncul di mesin pencari Google Search selama setahun terakhir.

Dalam laporan ini, tiga peneliti yakni Ethan Porter, Thomas Wood, dan Yamil Velez, menemukan bahwa koreksi dalam bentuk cek fakta dapat mengurangi efek misinformasi pada kepercayaan masyarakat seputar vaksin Covid-19.

Cek fakta pun tidak hanya untuk kalangan profesional, orang biasa juga mencari bukti untuk mengkonfirmasi atau menyangkal informasi yang mereka ragukan.

“Penelusuran frasa ‘apakah benar..’ di Google lebih tinggi daripada ‘cara membuat roti..’. Penelusuran untuk ‘apakah benar..’ mencapai titik tertinggi sepanjang masa di seluruh dunia pada Oktober 2020,” tulis laporan Google yang dirilis hari ini, Jumat (2/4).

Untuk menyambut hari Cek Fakta Internasional yang jatuh pada hari ini, ada lima tips sederhana dari Google yang dapat membantu dalam mengenali misinformasi di internet dengan lebih baik.

1. Cari tahu sumbernya lebih lanjut

Jika Anda menemukan artikel atau cerita mengejutkan dari situs web yang sama sekali belum pernah Anda dengar, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah mengecek apakah sumbernya itu valid.

Halaman:

Konten cek fakta ini kerja sama Katadata dengan Google News Initiative untuk memerangi hoaks dan misinformasi vaksinasi Covid-19 di seluruh dunia.

google news initiative x katadata
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement